6 Penyebab Kredit Skor Rendah yang Perlu Diperhatikan jika Ingin Mengajukan Pinjaman di Bank!

6 Penyebab Kredit Skor Rendah yang Perlu Diperhatikan jika Ingin Mengajukan Pinjaman di Bank!

Faktor penyebab kredit skor rendah--

BACA JUGA:5 Pinjol untuk UMKM Limit Tinggi Legal Terdaftar OJK yang Bisa Digunakan Sebagai Modal Usaha!

3. Sejarah akun kredit

Laporan yang ada pada akun kreditmu menjadi bahan pertimbangan bank untuk menilai apakah kamu layak mendapatkan pinjaman atau tidak.

Karena itu, kamu memperhatikan pola pembayaran cicilan atau tunggakan di setiap bulannya dengan konsisten ya. Tujuannya agar sejarah akun kredit terlihat bagus dan tidak ada unsur penurunan skor kredit.

Sejarah akun kredit yang bagus akan menjadi penanda bahwa kamu memiliki komitmen pembayaran yang tinggi. Penyebab kredit skor rendah ini tidak boleh dilewatkan ya!

4. Kredit yang tersedia

Pada laporan SLIK, terdapat limit personal secara general. Limit tersebut ditentukan dari jumlah pendapatan pemilik akun kredit.

Semkain tinggi kredit yang tersedia, maka skor kredit akan semakin bagus. Skor kredit dapat dikatakan bagus jika mencapai skor 700 ke atas. Perlu diingat, bahwa setiap institusi keuangan memiliki internal policy yang berbeda-beda mengenai tabel referensi skor kredit.

BACA JUGA:12 Pinjol Tanpa Debt Collector dan Sudah Dipercaya Banyak Nasabah di Indonesia, Legal Terdaftar OJK!

5. Kredit terbaru

Laporan SLIK oleh OJK menyimpan data kurang lebih 2 tahun kebelakang. Dengan ini, jika kamu ingin mengajukan pinjaman sebaiknya mempersiapkan dari jauh-jauh hari.

Dengan melakukan cara tersebut, kamu dapat menghindari penolakan dari pihak bank. Pihak bank selalu menganalisa kualitas pembayaran setiap calon nasabah yang ingin mengajukan pinjaman.

Untuk itu, yang perlu kamu pastikan dalam 2 tahun ke belakang yaitu memastikan status pinjaman kol-1, ya. 

6. Aktivitas permohonan pengajuan kredit

Semakin banyak kamu melakukan pengajuan pinjaman di banyak platfrom, maka ini menjadi penyebab penurunan skor kredit. Karena itu, penting bagi calon nasabah untuk menahan dari pengajuan pinjaman di banyak platfrom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: