Wisata Sejarah, Mitos dan Keunikan Candi Gedong Songo, Candi Nomor 9 Penuh Misteri!

Wisata Sejarah, Mitos dan Keunikan Candi Gedong Songo, Candi Nomor 9 Penuh Misteri!

misteri candi gedong songo--foto pagalaran

Uniknya, letak candi di kompleks Candi Gedong Songo terpisah satu sama lain.

Satu hal unik yang bisa para wisatawan lakukan di kawasan Candi Gedong Songo adalah dapat mendirikan tenda dan menginap di bumi perkemahan setempat sambil menikmati pesona lereng Gunung Ungaran yang menenangkan.

Kompleks bangunan Candi Gedong Songo terdiri atas lima gedong atau kumpulan candi, di mana dua di antaranya terletak di sisi timur bukit, dua di utara, dan satu di sisi barat. 

Berikut letak masing-masing candi yang menarik kalian ketahui.

Candi Gedong I

Posisinya berada di ketinggian 1.208 meter di atas permukaan laut (dpl). Ini adalah bangunan candi yang posisinya paling dekat dengan pintu masuk kompleks candi. Di dalam Candi Gedong I ini juga terdapat Yoni Tanpa Lingga, yang merupakan simbol kejantanan dan kesuburan.

Candi Gedong II

Berjarak lebih kurang 337 meter dari Candi Gedong I, Candi Gedong II berada di ketinggian 1.297 meter dpl. Di depan Candi Gedong II, terdapat sebuah bangunan yang dipercaya sebagai perwara atau candi kecil di depan candi induk. 

Candi Gedong III

Terdapat tiga bangunan candi yang masih utuh, lengkap dengan perwara di Candi Gedong III. Lokasi candi ini sendiri berada pada ketinggian 1.297 meter dpl. 

Candi Gedong IV

Di Candi Gedong IV, tersedia satu bangunan candi yang dikelilingi reruntuhan candi lainnya. Candi ini pun berada di ketinggian sekitar 1.295 meter dpl.

Candi Gedong V

Kondisinya mirip dengan Candi Gedong IV, yakni satu candi di antara dua reruntuhan candi. Candi ini berada di ketinggian 1.308 meter dpl, atau paling tinggi dibandingkan candi lainnya.

BACA JUGA:Keajaiban Dunia! 6 Keunikan Candi Borobudur dengan Kecerdasan Sistem Struktur Antigempa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: