6 Fakta Keindahan Kawah Putih Ciwidey, Salah Satu Keunikan Alam di Bandung!

6 Fakta Keindahan Kawah Putih Ciwidey, Salah Satu Keunikan Alam di Bandung!

kawah putih ciwidey--foto iNews

DISWAY JATENG - Kawah Putih menjadi salah satu tempat wisata yang juga cukup terkenal di Bandung, Jawa Barat.

Kawah Putih Ciwidey adalah sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di Kelurahan Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung, Jawa Barat, terletak di kaki Gunung Patuha.

Kawah Putih Ciwidey merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang disekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan. Danau Kawah Putih sendiri berada pada ketinggian 2194 m, dengan luas Danau Kawah Putih 25 ha, yang dipakai wisata 5 ha dan lokasi kawah sendiri 3 ha. 

Perairannya berwarna biru kristal berubah dengan kondisi cuaca, dan dilapisi dengan pasir putih halus, yang memberikan pengunjung seperti berada di dunia lain. Bahkan vegetasi disekitar area ini sangat berbeda dengan yang dibawah.  

Danau Kawah Putih memiliki ciri khas dan keunikan yaitu air di danau kawahnya bisa berubah warna, seperti hijau apel, kebiru-biruan bila cuaca terang terkena pantulan matahari, dan coklat susu, namun paling sering terlihat airnya berwarna putih disertai kabut tebal diatasnya.

BACA JUGA:Berlibur di Kawah Putih Ciwidey Bandung: Info Fasilitas dan Tiket Masuk

Berikut Fakta Keindahan Kawah Putih Ciwidey :

1. Warna air kawah yang alami

Warna air kawah dan tanah ditempat wisata ini dikenal memang alami karena terbentuk dari campuran unsur belerang. Warna air kawah ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kadar belerang didalam air dan juga karena memiliki kadar keasaman belerang yang tinggi. 

2. Air Kawah yang berubah warna

Air kawah ini dapat berubah warna pada waktu-waktu tertentu, karena menyesuaikan dengan kadar belerang pada kawah, suhu dan cuaca didalam airnya. Biasanya warna air kawah akan berubah menjadi putih kehijauan atau berubah menjadi warna lainnya seperti hijau apel, biru, coklat susu hingga warna putih berkabut. Warna tebing batu yang ada di depannya juga mempengaruhi warna air kawahnya karena adanya pengaruh refraksi cahaya.

3. Kawah Putih Ciwidey Terbentuk dari Letusan Gunung Patuha

Kawah Putih Ciwidey ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada abad ke-10 dan 12 ratusan tahun yang lalu. Letusan yang memiliki ketinggian 2.434 meter dari permukaan laut tersebut membentuk menjadi sebuah danau. Pada tahun 1837 danau putih yang bau belerangnya sangat menyengat tersebut ditemukan oleh seorang ahli bernama Dr.Franz Wilhem Junghuhn.

Sejak saat itu kawah ini mulai dikenal oleh masyarakat dan mula dijadikan sebagai tempat wisata sejak tahun 1987 oleh pemerintah Kabupaten Bandung Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: