Status Gunung Slamet Waspada, Namun Aktifitas Warga di Lereng Pemalang Masih Biasa

Status Gunung Slamet Waspada, Namun Aktifitas Warga di Lereng Pemalang Masih Biasa

Gunung slamet dalam status waspada-tangkapan layar LPM Arena-

DISWAY JATENG - Adanya Informasi meningkatnya aktivitas vulkanik gunung tertinggi di Jawa Tengah itu disampaikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kamis 19 Oktober 2023. Bahwa Status Gunung Slamet naik dari level 1 (normal) ke level 2 atau waspada.

Mereka masih beraktivitas seperti biasa meskipun status Gunung Slamet naik dari normal menjadi waspada. Walau demikian, warga di sekitar Gunung Slamet tidak menunjukkan kepanikan atau kehawatiran sedikitpun. 

"Gambuhan merupakan desa yang terdapat pos pengamatan dan jaraknya cukup dekat dengan Gunung Slamet". Hal ini dibenarkan Kepala Desa Gambuhan Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang Sudrajat. 

Pemberitahuan peningkatan aktivitas Gunung Slamet, dari normal hingga jadi waspada diterima pada 19 Oktober 2023. "Kami menghimbau pada masyarakat, untuk tidak beraktivitas pada radius 2 kilometer dari puncak gunung," ungkapnya.

BACA JUGA:Waspada! Gunung Slamet Alami Peningkatan Status ke Level 2 atau Waspada

Gunung Slamet dalam status waspada

Menurut Sudrajat , masih ada warga yang tidak mengetahui kenaikan status, karena kondisi Gunung Slamet terlihat biasa saja. meskipun statusnya naik ke waspada, aktivitas warga disini masih seperti biasa. 

" Apalagi statusnya sudah naik berarti ada peningkatan di gunung tersebut, Namun masyarakat agar tetap waspada " imbuhnya. 

Nito, salah satu warga di lereng Gunung Slamet mengungkapkan, aktifitas di lahan masih normal seperti biasa dan dirinya tidak mengetahui Gunung Slamet statusnya sudah naik ke level waspada. 

Apalagi Warga disini, kata Nito, tidak adanya suara gemuruh atau apapun dari gunung slamet yang membuatnya panik. 

"Kalau dilihat dari desa, tetaplah berhati-hati meskipun kondisi gunung biasa saja yang membuat warga merasa tidak khawatir, " tutur Nito. 

Sebelumnya Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMB) menaikkan status Gunung Slamet mulai Kamis 19 Oktober 2023 menjadi waspada. 

BACA JUGA:6 Misteri Gunung Slamet yang Terkenal Angker di Jawa Tengah, Nomor 5 Bikin Merinding!

Ketua Posmat Gunung Api Pemalang Rusdi mengatakan,akibat dari meningkatnya aktivitas vulkanik gunung yang memiliki ketinggian 3.432 mdpl tersebut.  Status gunung api Slamet naik dari level I atau normal menjadi level II (waspada). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: