Cegah Penularan PMK Hewan di Kabupaten Tegal, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Lakukan Ini

Cegah Penularan PMK Hewan di Kabupaten Tegal, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Lakukan Ini

Petugas Dinas KP Tan Kabupaten Tegal melakukan vaksinasi hewan ternak di Desa Kesuben Kecamatan Lebaksiu, Senin 25 September 2023-Yeri Noveli-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (KP TAN) Kabupaten Tegal gencar melakukan vaksin terhadap hewan ternak domba dan kambing. Langkah ini untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Agus Sukoco melalui Kabid Peternakan Sugiyanto mengatakan kegiatan tersebut merupakan agenda rutin untuk memberikan kesehatan terhadap hewan ternak.

"Selama belum bebas PMK secara Nasional, kita terus lakukan vaksinasi. Ini sebagai langkah antisipasi," kata Sugiyanto, Selasa 26 September 2023.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Rekomendasi Laptop Murah dengan Spesifikasi Terbaik 2023

Dia menuturkan, jumlah domba yang divaksin kali ini sebanyak 55 ekor dan kambing 95 ekor. Sehingga totalnya sebanyak 150 ekor hewan ternak.

Menurutnya, vaksin untuk mencegah PMK ini dilakukan di Desa Kesuben Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal, pada Senin (25/9).

Dalam kegiatan itu, Sugiyanto menggandeng drh Kristiana Dewi, Husni M dan Urip Yulistiyo.

BACA JUGA:BCA Siapkan Suku Bunga Rendah dan Kompetitif untuk Kredit Kendaraan Listrik

"Prinsipnya, kami tidak akan lengah dan akan terus gencar melakukan vaksin sebagai upaya pencegahan," kata Sugiyanto menambahkan.

Dirinya tak menampik, di sejumlah daerah masih ada kasus PMK yang menyebar pada hewan ternak. Karena itulah, Sugiyanto tidak ingin virus itu masuk ke Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Hanya 3 Menit Nonton Video Bisa Hasilkan Rp15 Ribu, Ini Aplikasi Penghasil Uang yang Terbukti Membayar!

"Vaksin akan kami lakukan secara merata," tukasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id