Inilah 16 Cirinya Orang yang Kecanduan Narkoba dan 5 Langkah Mengatasinya

Inilah 16 Cirinya Orang yang Kecanduan Narkoba  dan 5 Langkah Mengatasinya

Pecandu narkoba--by.Piqsels

Fungsinya untuk mengendalikan hasrat pecandu untuk mengonsumsi narkoba. Durasi proses detoksifikasi bisa berbeda-beda, tergantung pada tingkat kecanduan dan tekad pecandu sendiri untuk sembuh.

4. Stabilisasi

Bila berhasil melalui tahap detoksifikasi, selanjutnya pecandu masuk ke fase stabilisasi. Pada tahapan ini, mereka akan dibantu terapis untuk memulihkan diri dari penyalahgunaan narkoba untuk jangka panjang. 

Caranya dengan mengikuti berbagai kegiatan yang membantu proses pemulihan. Misalnya, seperti psikoterapi, konseling atau pembinaan spiritual. Mereka juga dapat bergabung ke komunitas atau kelompok penyintas untuk dapat saling mendukung dan berbagi pengalaman. 

BACA JUGA:Jangan Sepelekan, Inilah 10 Manfaat Air Jahe Untuk Pernafasan, Simak Beserta Cara Membuatnya!

5. Bina lanjut

Tahap akhir dari rehabilitasi narkoba yakni bina lanjut atau after care. Di sini, pecandu akan direkomendasikan sebuah aktivitas yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Tujuannya untuk mengisi aktivitas sehari-hari dengan kegiatan yang bermanfaat. 

Setelah dinyatakan sembuh, mereka bisa kembali kehidupan normalnya. Walau begitu, mantan pecandu tetap perlu diawasi oleh BNN dengan menjalani pemeriksaan secara berkala. Hal ini adalah bagian dari proses pemulihan.

Bina lanjut merupakan tahapan yang amat penting. Sebab, tidak sedikit pecandu yang dinyatakan sembuh yang kembali menggunakan narkoba.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dppkbpppa.pontianak.go.id