Risiko Gangguan Kesehatan Mental Bila Tidur dengan Kondisi Lampu Menyala, Hati-hati!

Risiko Gangguan Kesehatan Mental Bila Tidur dengan Kondisi Lampu Menyala, Hati-hati!

Bahaya Tidur dengan kondisi lampu menyala--by.Islampos

DISWAY JATENG.ID - Untuk istirahat yang paling asik dan nyaman yaitu Tidur, Karena dengan Tidur itu begitu bangun tubuh akan kembali menjadi bugar. Maka dari itu manfaatkanlah Tidur Anda dengan sebaik mungkin untuk mendapatkan manfaat yang diinginkan. Lain halnya Tidur dengan kondisi lampu menyala.

Tidur adalah kebutuhan esensial yang dibutuhkan tubuh manusia untuk memulihkan energi, meningkatkan kesehatan mental, dan menjaga keseimbangan fungsi tubuh.Makanya hindari tidur dengan konsisi lampu menyala.

Tetapi, tidak semua kondisi tidur yang terlihat aman ini benar-benar baik bagi kesehatan. Salah satu kondisi yang mungkin sering terjadi yaitu tidur dengan lampu menyala.

BACA JUGA:Anda Harus Tahu, 5 Manfaat Jahe Merah yang Sangat Penting untuk Kesehatan Tubuh

Risiko Gangguan Kesehatan Mental Bila Tidur dengan Kondisi Lampu Menyala, Hati-hati!

Walaupun terlihat sepele, namun tidur dengan kondisi lampu menyala bisa memiliki dampak negatif yang signifikan pada kualitas tidur dan kesehatan manusia diantaranya:

1. Gangguan pada Siklus Tidur

Salah satu bahaya utama tidur dengan kondisi lampu menyala yaitu gangguan pada siklus tidur. Tubuh manusia mempunyai mekanisme alami yang disebut ritme sirkadian, yang mengatur tidur dan bangun berdasarkan paparan cahaya.

Ketika Anda tidur dengan lampu menyala, terutama lampu terang, otak Anda mungkin menganggap bahwa masih siang hari, mengganggu ritme sirkadian dan mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Gangguan pada ritme sirkadian bisa mengakibatkan tidur yang tidak nyenyak, kesulitan tidur, atau bahkan insomnia.

BACA JUGA:Selain 11 Manfaat Jahe merah, Apa Sih Perbedaannya dengan Jahe Biasa?

2. Produksi Melatonin Terhambat

Melatonin merupakan hormon yang diproduksi oleh tubuh pada malam hari untuk membantu memicu tidur. Paparan cahaya, terutama adalah cahaya biru yang dihasilkan oleh lampu LED dan perangkat elektronik, bisa menghambat produksi melatonin.

Akibatnya, tidur dengan kondisi lampu menyala bisa mengganggu proses alami pengaturan tidur tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.jabarekspres.com