Wah, Inilah Segudang Manfaat Teh Hitam Untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Wah, Inilah Segudang Manfaat Teh Hitam Untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Manfaat teh hitam untuk mengatasi kolesterol--

Manfaat teh hitam dalam mengendalikan kolesterol hanya akan optimal jika dibarengi dengan pola hidup sehat secara menyeluruh.

Konsumsi teh hitam sebaiknya tidak menggantikan pola makan sehat dan aktivitas fisik teratur. Sebaliknya, teh hitam bisa menjadi suplemen yang efektif untuk membantu menjaga kadar kolesterol  sehat.

Pastikan untuk mengonsumsi teh hitam dalam jumlah sedang. Meski teh hitam memiliki banyak manfaat, namun mengonsumsinya secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti sulit tidur atau gangguan pencernaan. Idealnya, satu atau dua cangkir teh hitam sehari sudah memberikan manfaat kesehatan yang cukup.

Teh hitam bisa menjadi teman yang baik dalam memerangi masalah kolesterol. Kandungan polifenol dan flavonoid pada teh hitam dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

BACA JUGA:8 Gejala Kolesterol Tinggi, Yuks Waspada Sejak Dini

Namun manfaat tersebut akan lebih efektif jika diimbangi dengan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Jangan ragu untuk memasukkan teh hitam ke dalam rutinitas harian Anda dan nikmati manfaatnya yang menyehatkan jantung.

Selain minum teh hitam, berikut beberapa cara  menjaga kadar kolesterol:

1. Pentingnya Memperhatikan Pola Makan Anda

Perhatikan asupan makanan Anda agar kadar kolesterol Anda selalu terjaga. Salah satu faktor yang meningkatkan kadar kolesterol adalah kandungan lemak jenuh pada makanan berlemak.

2. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, disarankan untuk berolahraga selama 30 menit, minimal 5 kali  seminggu.

3. Tingkatkan tingkat aktivitas fisik Anda

Jika Anda tidak punya waktu  untuk berolahraga, coba tingkatkan aktivitas fisik Anda dengan melakukan sedikit perubahan pada rutinitas Anda seperti bersepeda atau berjalan kaki ke tempat kerja, atau naik tangga daripada lift jika Anda merasa nyaman.

4. Berhenti merokok dan minum alkohol

Berhenti merokok dan minum alkohol juga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dan mencegah  penyakit kronis mulai dari penyakit jantung, paru-paru, hingga diabetes(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: