Wah, Inilah Segudang Manfaat Teh Hitam Untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Wah, Inilah Segudang Manfaat Teh Hitam Untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Manfaat teh hitam untuk mengatasi kolesterol--

DISWAYJATENG.ID -  Teh hitam telah lama dikenal karena manfaat kesehatannya. Salah satunya adalah  menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Manfaat kolesterol pada teh hitam  berasal dari kandungan antioksidannya. Selain itu, teh hitam juga diketahui mampu menurunkan kolesterol tinggi.

Kolesterol merupakan lemak yang dibuat di hati, namun bisa juga diperoleh dengan mengonsumsi makanan hewani, seperti daging. Pada tingkat normal, tubuh membutuhkan kolesterol untuk membentuk sel-sel sehat.

Namun jika jumlahnya terlalu banyak, kolesterol bisa menumpuk di pembuluh darah dan merusak dinding pembuluh darah tersebut.

Hal ini dapat meningkatkan risiko terkena kondisi kronis, seperti penyakit jantung. Orang yang mengidap penyakit ini bahkan lebih rentan mengalami komplikasi serius jika tertular virus di dalam tubuhnya.

BACA JUGA:Ingin Wajah Anda Terlihat Tirus? Cobalah Lakukan 12 Cara Ini, Salah Satunya Melalui Bentuk Riasan!

Faktanya, mengonsumsi teh hitam bisa menjadi salah satu cara  menurunkan kadar kolesterol tinggi dan mencegah penyakit jantung. 

Teh hitam sudah lama dijadikan sebagai minuman yang tidak hanya nikmat rasanya, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat yang paling menonjol adalah kemampuannya untuk mengalahkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Teh hitam mengandung senyawa bioaktif, termasuk polifenol, yang memberikan efek positif terhadap kadar kolesterol.

Polifenol dalam teh hitam dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Senyawa ini bekerja dengan cara menghambat oksidasi LDL dan meningkatkan fungsi pembuluh darah sehingga membantu mencegah penumpukan plak di arteri.

Selain itu, teh hitam  mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Kolesterol HDL bertanggung jawab untuk mengangkut kolesterol dari arteri  ke hati, tempat kolesterol tersebut dibuang oleh tubuh. Dengan meningkatkan kadar kolesterol HDL, teh hitam membantu menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh.

BACA JUGA:Intip 7 Jenis Makanan Ini Jika Luka Operasi Anda Ingin Cepat Pulih, Apa Saja?

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi teh hitam secara teratur dapat memberikan efek menguntungkan dengan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, yang sering dikaitkan dengan masalah kolesterol tinggi.

Penelitian juga menunjukkan bahwa komponen teh hitam dapat menghambat penyerapan kolesterol dari makanan sehingga mencegah peningkatan kadar kolesterol  darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: