Manfaat-Manfaat Buah Manggis, Si Ratu Buah yang Kaya Akan Manfaat

Manfaat-Manfaat Buah Manggis, Si Ratu Buah yang Kaya Akan Manfaat

Manfaat Buah Manggis Buat Kesehatan--

DISWAYJATENG.ID - Manggis (Garcinia mangostana) merupakan buah asli Asia Tenggara tropis, khususnya Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Buah ini memiliki tampilan yang unik dan menarik dengan kulit yang tebal dan keras dengan warna berkisar dari ungu tua hingga merah tua. Di dalamnya ada daging lunak, berair, putih, di tengahnya ada biji besar yang keras.

Manggis dikenal dan digunakan dalam pengobatan tradisional di sebagian besar daerah asalnya karena kaya akan senyawa dan nutrisi aktif biologis.

Senyawa yang biasa dipelajari adalah xanthones, kelas antioksidan kuat dengan sifat anti-inflamasi dan banyak manfaat kesehatan. Dalam tradisi Asia, manggis dianggap sebagai "ratu segala buah" karena rasanya yang enak dan banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Mengenai manfaat-manfaat buah manggis yang banyak, diantaranya dibawah ini:

BACA JUGA:Dapat Meyehatkan Jantung! Ini 7 Manfaat Kulit manggis yang Jarang Diketahui Banyak Orang

1. Antioksidan Kuat:

Manfaat pertama yaitu buah manggis memiliki antioksidan yang tinggi. Manggis kaya akan senyawa antioksidan, terutama xanthone, yang membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari efek radikal bebas yang merusak. Dapat membantu mencegah penuaan dini dan penyakit degeneratif.

2. Anti inflamasi:

Selanjutnya yaitu manggis memiliki manfaat untuk anti inflamasi. Hal ini karena Xanthones dalam manggis memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Ini berpotensi membantu dalam mengobati kondisi seperti radang sendi dan penyakit radang lainnya.

3. Kesehatan jantung:

Berikutnya yaitu buah manggis bisa untuk menjaga kesehatan jantung. Manggis dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi peradangan pembuluh darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

4. Menurunkan tekanan darah:

Lalu buah manggis juga bisa untuk menurunkan tekanan darah. Senyawa dalam manggis dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan jantung, serta juga mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

5. Meningkatkan kekebalan Tubuh:

Dan selanjutnya buah manggis juga bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena Buah Manggis mengandung vitamin C dan senyawa bioaktif lainnya yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan penyakit.

6. Mengatur diabetes:

Senyawa dalam manggis dapat membantu mengatur kadar gula darah, membantu penderita diabetes tipe 2 mengelola kondisinya.

7. Potensi anti kanker:

Xanthone dalam manggis telah terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker dan merangsang apoptosis (kematian sel kanker) dalam studi praklinis.

BACA JUGA:Buah Manggis Selain Rasanya yang Segar dan Enak Ternyata Mempunyai Banyak Manfaat, Buruan Simak!

8. Mendukung fungsi otak:

Xanthones dalam manggis dapat membantu menjaga kesehatan otak dengan melindungi sel saraf dan meningkatkan kognisi dan memori.

9. Perlindungan dari infeksi:

Kandungan antioksidan dan anti inflamasi manggis dapat membantu tubuh melawan infeksi bakteri dan virus.

10. Mengontrol berat badan:

Manggis rendah kalori dan tinggi serat, yang membantu menjaga berat badan yang sehat dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi makan berlebihan.

11. Pereda Nyeri:

Efek anti inflamasi manggis dapat membantu meringankan berbagai jenis nyeri, termasuk nyeri sendi dan otot.

12. Perawatan kulit:

Antioksidan dalam manggis membantu menjaga elastisitas kulit, mencegah penuaan dini dan mendukung kesehatan kulit secara keseluruhan.

13. Pemulihan pasca-Olahraga:

Senyawa dalam manggis dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat pemulihan otot setelah melakukan aktivitas fisik yang intens.

14. Kesehatan Mata:

Kandungan vitamin A dan C pada manggis meningkatkan kesehatan mata dan menjaga penglihatan yang baik.

15. Sistem Pencernaan Sehat:

Serat dalam manggis membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mempromosikan feses lunak dan mencegah masalah pencernaan.

Itulah 15 manfaat manggis bagi kesehatan, semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan wawasan Anda!

BACA JUGA:Pantas Sering Dijadikan Obat Herbal! Inilah Segudang Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: