8 Rekomendasi Buah untuk Meringankan Sariawan! Yuk, Simak Biar Tidak Tambah Parah!

8  Rekomendasi Buah untuk Meringankan Sariawan! Yuk, Simak Biar Tidak Tambah Parah!

8 buah yang dapat ringankan sariawan-pexel.s-

DISWAY JATENG - Ini dia 8 rekomendasi buah untuk meringankan sariawan yang aman dikonsumsi! Yuk Simak agar sariawan tidak tambah parah!

Tahukah Anda ada beragam buah untuk sariawan yang dapat ringankan kondisi sariawan? Seringkali sariawan diobati dengan mengonsumsi obat yang terkadang mengandung zat kimia. Padahal cara mengobati sariawan juga dapat dengan cara konsumsi buah-buahan lho.

Buah-buahan untuk meringankan sariawan dan panas dalam biasanya tidak bersifat asam. Hal ini karena hanya akan memperparah sariawan, Jadi apa saja buah yang baik dikonsumsi pada saat sariawan?

Berikut artikel ini akan membahas yang kami kutip dari berbagai sumber.

Sariawan adalah kondisi dimana terdapat luka pada lapisan mukosa mulut yang terjadi sekitar gusi atau lidah yang membuat tidak nyaman saat makan.

BACA JUGA:Beginilah Cara Mengatasi Sariawan Secara Alami

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh journal The College of Family Physician of Canada terdapat berbagai Faktor penyebab sariawan salah satunya yaitu kekurangan asam folat, vitamin B3, B12.  Oleh karena itu, sariawan penyembuhannya dapat dengan mengonsumsi buah-buahan yang untuk penuhi asupan nutrisi dan meningkatkan imun dalam melawan infeksi. Adapun sejumlah buah untuk sariawan bibir atau gusi yang aman sebagai berikut

8  Rekomendasi Buah untuk Meringankan Sariawan! Yuk Simak Agar Sariawan Tidak Tambah Parah !   

1.  Mangga

Buah ini adalah buah yang tepat untuk dikonsumsi saat sariawan. Hal ini karena memiliki banyak kandungan mineral yaitu berupa magnesium selenium serta potassium.

Selain itu memiliki kandungan lain seperti, vitamin B12, asam folat, yang efektif untuk mengobati sariawan namun perlu diperhatikan sebaiknya konsumsi buah untuk sariawan ini yang sudah matang yang tidak memiliki rasa asam karena hal tersebut justru akan memperparah sariawan.

BACA JUGA:Penasaran dengan Khasiat Buah Mangga!! Ini Dia 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

2. Jambu biji

Biji di dalam 100 gram jambu biji ada kandungan vitamin C sebanyak 273 mili gram. Adanya kandungan tersebut sehingga aman dan baik dikonsumsi saat sariawan dan membantu meringankan sariawan.

Selain itu, jambu biji juga buah yang baik dikonsumsi jika anda menderita stomatitis karena memiliki kandungan nutrisi seperti seng, potassium, dan zat besi.

3. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh ini kandungan vitamin C saat resi potasium serta karatenoid yang dapat mencegah sariawan muncul kembali. 

Kandungan oksidan dan kandungan flavonoid berupa asam galat, epicatechin, dan quercetin pada belimbing wuluh  dapat menjadi cara menyembuhkan sariawan dan cegah peradangan pada mulut. 

4.  Apel

Buah ini ada pula yang cocok untuk sariawan karena dibuktikan melalui sebuah penelitian dari journal of pharmacy and bioallied science, studi tersebut menemukan bahwa apel mengandung banyak senyawa fenolik, sehingga mampu bekerja sebagai antioksidan tinggi. 

Selain itu kandungan fenolik juga dapat melawan radikal bebas yang merusak sel di dalam tubuh tentara itu bersifat mikroba sehingga mampu menangkal penyakit infeksi bakteri helicobacter pylori akibat sariawan.

5. Pisang

Dikutip dari leukimia dan lymphoma society, bahwa pisang adalah buah yang baik untuk sariawan punya efek antioksidan sehingga mengurangi peradangan di sekitar mulut.

Buah berwarna kuning ini dapat bekerja secara optimal dalam menjaga imun tubuh pada tubuh. Agar khasiatnya dapat dirasakan secara maksimal untuk mengurangi sariawan, sebaiknya kamu jangan mengolah pisang dengan cara digoreng. Sebab, hanya akan menambah nyeri dan kemerahan pada mulut.

6. Pir 

Dalam journal of Trace Elements in medicine and biology telah dibuktikan khasiat pir untuk sariawan. Dimana penelitian ini menjelaskan kandungan mineral dan vitamin di dalamnya mampu kurangi peradangan.

Pir juga bermanfaat dalam menyembuhkan sariawan karena kandungan vitamin C yang tinggi. Tak hanya itu, Pir mampu membantu kerusakan pada gigi dengan cara mengurangi asam dan penumpukan plak di dalamnya.

BACA JUGA:Ternyata Buah Pir Juga Bisa Menjadi Obat Tenggorokan dan Batuk, Begini Resepnya

7. Anggur dibekukan

Rasanya yang manis dan sedikit kecut merupakan salah satu buah favorit bagi banyak kalangan, ternyata anggur dibekukan dapat jadi alternatif obati sariawan. Dengan kandungan vitamin A,B dan air mampu membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan.

8.  Alpukat

Buah ini juga baik untuk dikonsumsi untuk orang yang terserang sariawan. diketahui dalam satu alpukat mengandung 0,8 Miligram zink, sehingga  sama saja buah ini dapat memenuhi 7% asupan zink harian menurut AKG, yakni sebesar 11 mg.

Hal ini dibuktikan melalui penelitian terbitan Jurnal annals Of Nutrition metabolism yang menjelaskan bahwa senyawa zink dapat membantu menjaga dan memperbaiki keutuhan membran mukosa di bagian dalam mulut.

BACA JUGA:6 Khasiat Buah Alpukat yang Baik untuk Kesehatan Kita

Itulah 8  rekomendasi buah untuk meringankan sariawan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: