Ternyata Buah Pir Juga Bisa Menjadi Obat Tenggorokan dan Batuk, Begini Resepnya

Ternyata Buah Pir Juga Bisa Menjadi Obat Tenggorokan dan Batuk, Begini Resepnya

--

DISWAY JATENG.ID Baesuk adalah salah satu jenis hwachae, minuman buah tradisional Korea yang dibuat dari bae (pir Korea), merica hitam, jahe, madu atau gula, dan air. Baesuk berasal dari masakan kerajaan Korea, sehingga tidak menyebar ke masyarakat sampai pertengahan abad ke-20. Baesuk juga disebut isuk, dan kedua istilah tersebut secara harfiah berarti “pir masak” dalam bahasa Korea.

Baesuk dapat disajikan sebagai hidangan penutup atau obat untuk mengatasi flu, terutama sakit tenggorokan dan batuk. Baesuk juga memiliki rasa manis yang lezat dan tekstur pir yang lembut. Baesuk biasanya disiapkan dan diminum pada musim panas atau saat Chuseok (Festival Pertengahan Musim Gugur Korea).

BACA JUGA:8 Cara Mengatasi Sakit Kepala di Bagian Belakang, Dijamin Ampuh

Minuman ini juga termasuk dalam salah satu minuman khas Korea yang dihidangkan bersama dengan sujeonggwa (minuman kesemek), dianggap sebagai minuman perwakilan Korea. Karena resep kedua minuman ini mirip, baesuk kadang-kadang disebut “baesujeonggwa”.

Di samping itu, minman ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk Kesehatan manusia, di antaranya,

- Meredakan flu, terutama sakit tenggorokan dan batuk. Baesuk mengandung pir, jahe, dan madu yang memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-virus. Pir juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

- Menyegarkan tubuh dan pikiran. Baesuk memiliki rasa manis dan segar yang dapat menghilangkan dahaga dan kelelahan. Baesuk juga dapat menurunkan suhu tubuh yang meningkat akibat panas atau demam.

BACA JUGA:Mulai Sekarang Harus Waspada, Ini 4 Bahaya Joki Pinjol yang Harus Anda Tahu!

- Meningkatkan pencernaan dan metabolisme. Baesuk mengandung serat yang dapat membantu melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Jahe dalam baesuk juga dapat merangsang produksi enzim pencernaan dan meningkatkan sirkulasi darah.

- Mencegah dehidrasi dan elektrolit. Baesuk mengandung air dan garam mineral yang dapat menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang akibat keringat atau diare. Cairan dan elektrolit penting untuk menjaga fungsi organ tubuh, seperti jantung, ginjal, otak, dan otot.

- Menjaga kesehatan kulit. Baesuk mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan juga dapat membantu mencegah penuaan dini, keriput, bintik hitam, dan jerawat. Pir juga mengandung vitamin A, E, dan K yang baik untuk kesehatan kulit.

- Menambah energi dan stamina. Baesuk mengandung karbohidrat yang dapat memberikan energi bagi tubuh. Karbohidrat juga dapat membantu menjaga kadar gula darah yang stabil dan mencegah hipoglikemia. Baesuk juga mengandung protein yang dapat membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, seperti otot, tulang, dan kulit.

Untuk membuat sebuah minuman baesuk, kalian tidak perlu khawatir. Karena ini sangat gampang dilakukan dan dibuat secara mandiri di rumah. Berikut adalah cara membuat minuman baesuk.

BACA JUGA:Kalian Pernah Mengajukan Pinjol? Buruan Cek Namamu di BI Checking

- 1 buah pir Korea (atau pir bosc) yang matang dan besar

- 9 butir merica hitam

- ¼ cangkir madu atau gula

- 1 ruas jahe, kupas dan iris tipis

- ¼ sendok teh bubuk kayu manis (opsional)

- 3 buah jujube (opsional)

- 2 sendok makan kacang pinus cincang (untuk hiasan)

Anda juga membutuhkan alat-alat berikut:

- Pisau dan talenan

- Mangkuk tahan panas

- Panci kukusan

- Garpu atau tusuk gigi

Baesuk adalah minuman buah tradisional Korea yang sehat dan lezat. Baesuk dapat disajikan panas atau dingin, tergantung selera. Selamat mencoba resep baesuk dan semoga kalian menyukainya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: