Ketahui 8 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu, Apa Saja?

Ketahui 8 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu, Apa Saja?

Ilustrasi Manfaat Buah Mengkudu --pinterest

DISWAYJATENG.ID - Buah mengkudu adalah buah yang bisa tumbuh baik di daerah beriklim tropis seperti Indonesia.

Manfaat buah mengkudu secara tradisional untuk terapi terhadap artritis, sakit kepala, diabetes, hipertensi, dan beberapa penyakit infeksi.

Buah dengan nama latin Morinda citrifolia L ini mengandung sejumlah senyawa kimia, biokimiawi, dan organo sulfur sehingga manfaat buah mengkudu banyak digunakan untuk pengobatan tradisional.

Lalu, apa saja manfaat buah mengkudu untuk kesehatan?

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 8 manfaat buah mengkudu untuk kesehatan:

1. Antioksidan Tinggi

Buah mengkudu mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan vitamin C. Antioksidan berperan dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh dan berkontribusi pada perkembangan penyakit dan penuaan.

Mengkonsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah mengkudu dapat membantu menjaga kesehatan sel dan mencegah kerusakan oksidatif.

2. Pengatur Gula Darah

Salah satu manfaat buah mengkudu adalah kemampuannya dalam membantu mengatur kadar gula darah.

Buah ini mengandung senyawa bioaktif yang diketahui dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mempengaruhi cara tubuh memetabolisme glukosa.

Oleh karena itu, buah mengkudu bisa menjadi pilihan yang baik bagi penderita diabetes untuk membantu menjaga kadar gula darah dalam batas normal.

3. Pengurang Tekanan Darah

Buah mengkudu telah diteliti karena potensinya dalam membantu menurunkan tekanan darah.

Kandungan senyawa bioaktif dalam buah ini, seperti fitokimia dan polifenol, dapat memberikan efek positif terhadap pembuluh darah dan sistem kardiovaskular.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkudu dapat membantu merelaksasi pembuluh darah dan mengurangi resistensi pembuluh darah, yang pada gilirannya dapat membantu menurunkan tekanan darah.

BACA JUGA:Pikiran Sedang Stres dan Cemas? 5 Jenis Teh Ini Bisa Redakan Stres dan Bikin Rileks

4. Antiinflamasi Alami

Manfaat lain dari buah mengkudu adalah kemampuannya sebagai antiinflamasi alami.

Senyawa-senyawa seperti flavonoid, terpenoid, dan alkaloid yang terdapat dalam buah ini memiliki potensi untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.

Peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Dengan memiliki sifat antiinflamasi, buah mengkudu dapat membantu mengurangi risiko peradangan kronis.

5. Mendukung Fungsi Hati

Buah mengkudu memiliki kandungan bioaktif yang bisa memberikan dukungan untuk kesehatan hati. Kandungan seperti flavonoid, polifenol, dan senyawa lainnya diyakini memiliki sifat pelindung hati.

Mereka dapat membantu melindungi sel-sel hati dari kerusakan oksidatif dan peradangan, serta mempromosikan fungsi hati yang sehat.

Karena hati berperan penting dalam proses detoksifikasi dan pencernaan, dukungan kesehatan hati ini juga berdampak positif pada kesejahteraan umum.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah mengkudu mengandung nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, dan zat-zat bioaktif lainnya yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C, misalnya, memiliki peran penting dalam merangsang produksi sel-sel kekebalan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

Dengan memasukkan buah mengkudu dalam pola makan, Anda dapat memberikan dukungan tambahan bagi sistem pertahanan tubuh Anda.

BACA JUGA:Selain Makanan Pedas, 7 Makanan Ini dapat Menyebabkan Asam Lambung Naik

7. Mengandung Serat

Buah mengkudu kaya akan serat, yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Serat membantu memperlancar proses pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain itu, serat juga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, karena memperlambat penyerapan gula ke dalam darah setelah makan.

Konsumsi makanan yang kaya serat, seperti buah mengkudu, juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

8. Mendukung Kesehatan Kulit

Buah mengkudu telah lama digunakan dalam produk perawatan kulit karena diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan kulit.

Kandungan antioksidan dalam buah ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan paparan sinar matahari.

Ekstrak mengkudu juga telah digunakan dalam produk perawatan kulit untuk membantu mengurangi peradangan, memudarkan noda pada kulit, dan menjaga kulit tetap sehat dan bersinar.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber