8 Manfaat Besar Mengonsumsi Buah dan Sayur Untuk Kesehatan Tubuh Saat Pancaroba!

8 Manfaat Besar Mengonsumsi Buah dan Sayur Untuk Kesehatan Tubuh Saat Pancaroba!

manfaat buah dan sayur untuk kesehatan--

Serat yang tinggi dalam buah dan sayur membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah masalah seperti sembelit. Serat juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, yang seringkali sulit selama musim pancaroba.

4. Perlindungan dari Radikal Bebas

Antioksidan yang ditemukan dalam buah dan sayur membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. Ini penting untuk menjaga kulit sehat dan melindungi tubuh dari efek negatif lingkungan.

5. Kesehatan Jantung yang Lebih Baik

Konsumsi buah dan sayur dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Serat, kalium, dan fitonutrien yang terdapat dalam makanan ini dapat membantu menjaga tekanan darah normal dan kesehatan jantung.

6. Kesehatan Mata

Beberapa buah dan sayur kaya akan vitamin A, lutein, dan zeaxanthin yang penting untuk kesehatan mata. Mengonsumsi makanan ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV dan penuaan.

7. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Mengonsumsi buah dan sayur secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, kanker, dan penyakit neurodegeneratif.

8. Hidrasi yang Baik

Buah dan sayur mengandung air, yang membantu menjaga hidrasi tubuh terutama saat suhu dan kelembapan berubah.

Penting untuk mencoba berbagai jenis buah dan sayur yang berbeda untuk mendapatkan manfaat nutrisi yang beragam.

Pastikan juga untuk mencuci buah dan sayur dengan baik sebelum dikonsumsi untuk menghindari risiko infeksi. Dengan mengonsumsi buah dan sayur secara teratur selama musim pancaroba, Anda dapat mendukung kesehatan dan kesejahteraan Anda dalam menghadapi perubahan cuaca dan kondisi lingkungan(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: