Tidak Banyak yang Tahu, Ternyata Buah Delima Memiliki Banyak Manfaat, Diantaranya Berikut ini:

Tidak Banyak yang Tahu, Ternyata Buah Delima Memiliki Banyak Manfaat, Diantaranya Berikut ini:

Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan--

DISWAYJATENG.ID - Delima memiliki bentuk yang bulat dan keras yang biasanya berwarna merah atau merah kecoklatan. Cangkangnya tebal dan tidak bisa dimakan, melindungi benih di dalamnya.

Di dalam buah delima terdapat banyak biji berwarna merah atau putih yang dikelilingi daging buah berair yang memiliki rasa manis dan sedikit asam. Buah ini biasa digunakan dalam makanan, minuman, dan produk perawatan kulit karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Selain itu, warna merah cerah buah delima sering dikaitkan dengan simbolisme dan keindahan alam.

Selain itu buah delima juga memiliki banyak manfaat, berikut manfaat-manfaat buah delima:

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan Tubuh Kita

1. Kaya akan Antioksidan

Delima kaya akan antioksidan, terutama dalam bentuk punicalagin dan anthocyanin. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Delima dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Ini dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi, meningkatkan sirkulasi darah, dan menjaga kadar kolesterol yang sehat.

3. Perlindungan Kulit

Kandungan antioksidan dalam buah delima membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi. Minuman atau produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak buah delima juga dapat membantu mengurangi kerutan dan menjaga kesehatan kulit.

4. Mendukung Kesehatan Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah delima dapat meningkatkan kesehatan otak dan melindungi dari penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer. Antioksidan dalam buah delima dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan.

5. Mengurangi Resiko Kanker

Kandungan antioksidan dan fitokimia buah delima dikaitkan dengan kemampuannya melawan pertumbuhan sel kanker, terutama kanker payudara dan prostat. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk lebih memastikan manfaat ini.

6. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Delima mengandung vitamin C yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

7. Segarkan Napas

Ekstrak buah delima dapat membantu mengobati bau mulut dan menjaga nafas tetap segar. Ini dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.

8. Mendukung Fungsi Pencernaan

Serat dalam buah delima dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan meningkatkan pergerakan usus dan mencegah sembelit.

Namun, penting untuk diingat bahwa manfaat ini bervariasi dari individu ke individu. Penting juga untuk mengonsumsi buah delima sebagai bagian dari diet seimbang dan gaya hidup sehat secara keseluruhan. 

BACA JUGA:Inilah 7 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan, Jangan Lewatkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: