7 Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan, Selain Menyegarkan Juga Kaya Nutrisi

7 Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan, Selain Menyegarkan Juga Kaya Nutrisi

Ilustrasi Manfaat Air Tebu Bagi Kesehatan--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Air tebu adalah minuman manis alami yang dibuat dengan cara memeras batang tebu. Sari tebu yang terkumpul lalu disaring terlebih dulu sebelum dikonsumsi.

Anda dapat membuatnya sendiri atau membelinya secara botolan atau di pedagang kaki lima.

Air tebu yang manis dan dingin bisa menjadi minuman terbaik untuk menyegarkan diri pada cuaca yang terik. Tak hanya melegakan kerongkongan, kandungan air tebu terdiri atas vitamin hingga mineral yang memberikan manfaat bagi tubuh Anda.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 7 manfaat air tebu bagi kesehatan:

1. Sumber Energi Alami

Air tebu mengandung gula alami, terutama dalam bentuk sukrosa. Gula ini dapat dengan cepat dipecah oleh tubuh menjadi glukosa dan fruktosa, yang kemudian digunakan sebagai sumber energi oleh sel-sel tubuh.

Ketika Anda mengonsumsi air tebu, gula-gula alami ini cepat diserap oleh tubuh dan bisa memberikan dorongan energi instan.

Ini bisa bermanfaat saat Anda merasa lelah atau membutuhkan energi tambahan, seperti saat beraktivitas fisik atau menghadapi tugas-tugas berat.

2. Kaya akan Nutrisi

Air tebu mengandung beberapa nutrisi penting, seperti vitamin B-complex, vitamin C, magnesium, dan zat besi.

Vitamin B-complex meliputi vitamin seperti B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), dan lain-lain.

Nutrisi-nutrisi ini berperan dalam berbagai fungsi penting dalam tubuh, termasuk metabolisme, produksi energi, dan kesehatan kulit.

Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melawan radikal bebas, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan berperan dalam pembentukan kolagen untuk kulit dan jaringan tubuh lainnya.

Magnesium adalah mineral penting yang berperan dalam banyak proses biokimia tubuh, termasuk fungsi otot, regulasi tekanan darah, dan kesehatan tulang.

Zat besi penting untuk pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen dalam tubuh.

BACA JUGA:Ingin Hilangkan Perut Buncit dengan Mudah? 6 Olahraga Ringan Ini Bisa Hilangkan Lemak di Perut

3. Menyegarkan Tubuh

Air tebu memiliki kemampuan untuk memberikan sensasi kesegaran pada tubuh, terutama dalam cuaca panas. Kandungan airnya yang tinggi dan rasa manis alami memberikan rasa penyejuk saat diminum.

Ini membuatnya menjadi minuman populer di daerah-daerah tropis yang sering mengalami suhu yang tinggi. Air tebu dapat membantu menghidrasi dan memberikan sensasi penyegaran, seringkali lebih baik daripada minuman berkafein atau berenergi buatan.

4. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Kandungan serat alami dalam air tebu dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan. Serat adalah bagian dari makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, tetapi sangat penting untuk kesehatan pencernaan.

Serat membantu mencegah sembelit dengan meningkatkan volume tinja dan memperlancar gerakan usus.

Selain itu, serat juga dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus, yang penting untuk keseimbangan mikrobiota usus yang sehat.

5. Menjaga Hidrasi

Kandungan air yang tinggi dalam air tebu membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Hidrasi yang baik penting untuk berbagai fungsi tubuh, termasuk fungsi jantung, sirkulasi darah, regulasi suhu tubuh, dan pelestarian elastisitas kulit.

Minum air tebu dapat membantu menggantikan cairan yang hilang melalui aktivitas fisik, berkeringat, atau kondisi cuaca panas.

6. Menyediakan Antioksidan

Air tebu mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid. Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dan DNA dalam tubuh, serta berkontribusi pada penuaan dini dan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Flavonoid dalam air tebu dapat membantu melawan radikal bebas dan mendukung kesehatan seluler.

BACA JUGA:Dibalik Rasanya yang Pahit, Ketahui 7 Manfaat Penting Daun Pepaya Bagi Kesehatan

7. Mengandung Elektrolit

Air tebu mengandung elektrolit alami seperti kalium dan natrium. Elektrolit adalah mineral yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dan fungsi seluler dalam tubuh.

Kalium, misalnya, membantu dalam kontraksi otot, fungsi saraf, dan menjaga keseimbangan air dan elektrolit dalam sel. Natrium juga penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan tekanan darah.

Elektrolit menjadi sangat penting, terutama saat Anda beraktivitas fisik intens atau berada dalam kondisi cuaca panas yang menyebabkan banyak berkeringat.

Mengonsumsi air tebu atau minuman elektrolit alami lainnya dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang melalui keringat dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber