4 Manfaat Puasa Bagi Lansia, Salah Satunya Bisa Memperpanjang Umur

4 Manfaat Puasa Bagi Lansia, Salah Satunya Bisa Memperpanjang Umur

Manfaat berpuasa bagi lansia-Kompas.com-

DISWAYJATENG - Apa saja Manfaat puasa bagi lansia? Bulan ramadan (bulan puasa) adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Selama satu bulan penuh berpuasa, seseorang harus berusaha menahan lapar, haus dan hawa nafsu.

Bagi sebagian orang, berpuasa bukanlah hal yang sulit dan banyak sekali manfaatnya, termasuk manfaat puasa bagi lansia.

Manfaat puasa bagi lansia memang sangat baik, tapi mungkin para lansia akan merasa kesulitan untuk berpuasa selama sebulan karena kekuatan fisik mereka mulai melemah. 

Namun, masih ada beberapa manfaat puasa bagi lansia yang dapat berpuasa selama bulan Ramadhan. Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA:5 Manfaat Puasa Ramadan bagi Umat Islam, Bisa Jadi Momentum Penghapusan Dosa

Seperti diketahui, Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh keberkahan bagi umat Muslim di seluruh dunia. Namun, bagi sebagian orang, menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi mereka yang telah memasuki usia lanjut atau lansia. 

Meskipun demikian, ternyata, ada beragam manfaat yang bisa di dapat oleh lansia yang masih mampu menjalankan puasa selama bulan Ramadan.

Berikut ini beberapa manfaat puasa bagi kesehatan lanjut usia

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi pada lansia dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung atau stroke. Puasa dapat menjadi cara alami untuk mengatasi hal ini. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh tim ahli jantung dari Uni Emirat Arab menemukan bahwa berpuasa selama bulan Ramadan dapat memberikan efek positif pada profil lipid seseorang dengan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Dengan demikian, berpuasa dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular pada lansia.

BACA JUGA: Tak Disangka, Inilah 9 Manfaat Puasa Untuk Kecantikan Kulit, Wanita Wajib Tahu

2. Mencegah Gangguan Neurodegeneratif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: