5 Manfaat Puasa Ramadan bagi Umat Islam, Bisa Jadi Momentum Penghapusan Dosa

5 Manfaat Puasa Ramadan bagi Umat Islam, Bisa Jadi Momentum Penghapusan Dosa

Manfaat puasa dalam Islam-SMK Dwiwarna-

DISWAYJATENG - Guys, kalian pasti udah pada tau kan kalo umat Islam tuh biasanya ngelaksanain ibadah puasa pas bulan Ramadan? Nah, sebenernya ada banyak banget manfaat dari puasa ini, lho! Jadi, selain ibadahnya yang bikin kita lebih deket sama Allah, ternyata ada juga benefit lainnya, guys.

Apakah kalian sering mendengar manfaat puasa Ramadan bagi umat Islam? Ya. Tentunya banyak sekali manfaat yang bis akita rasakan saat berpuasa di bulan Ramadan. Umat Islam mana lagi yang nggak tahu kalau puasa Ramadan ini banyak mendatangkan manfaat dan keberkahan?

Manfaat puasa Ramadan bagi umat Islam banyak banget loh, puasa di bulan Ramadan ini bisa membantu kesehatan fisik, mental bahkan kecantikan sekalipun. Nah, perintah untuk berpuasa di bulan Ramadan juga sudah diatur dalam kitab suci agama Islam yaitu Alquran.

BACA JUGA: Manfaat Puasa untuk Penderita Asam Lambung, Simak 7 Tips Melakukannya

Manfaat puasa Ramadan bagi umat Islam tentunya bisa kamu rasakan dan nikmati di bulan suci ini. Rasanya bulan Ramadan adalah bulan yang selalu dinatikan oleh umat Islam di belahan penjuru dunia manapun. Karena, manfaat dan keberkahan puasa Ramadan sangat berlipat ganda.

Manfaat puasa Ramadan bagi umat Islam

1. Pembersihan Dosa-dosa Lama 

Jadi, kalo kita puasa dengan niat yang tulus karena Allah SWT, Allah bakal ampunin dosa-dosa kita yang udah lewat, loh. Nabi Muhammad SAW pernah bilang gini, "Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya dimasa lalu akan diampuni."

Jadi, puasa bisa jadi cara kita buat bersihin dosa-dosa yang udah kita lakuin sebelumnya, guys! Manfaat puasa Ramadan bagi umat Islam yang satu ini sudah tidak asing di telinga kita. Yah, di agama Islam semua ibadah bisa menghapus dosa kita, terutama ibadah puasa Ramadan.

BACA JUGA: Puasa Ternyata Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Mental dan Jiwa, Bisa Ubah Suasana Hati

2. Selamat di Akhirat

Puasa itu sebenernya kayak perisai, loh. Kita jadi lebih bisa jaga diri dari hal-hal yang nggak baik. Ada cerita dari Abu Hurairah, katanya Rasulullah SAW pernah bilang gitu. Jadi, kalo ada orang yang ngajak kita berkelahi atau nyindir-nyindir, kita bisa bilang, "sesungguhnya saya ini sedang berpuasa."

Nah, di akhirat nanti, pintu Surga Ar-Rayyan juga bakal terbuka buat kita yang ahli puasa. Keren banget, kan?

3. Masuk Surga Ar-Rayyan

Allah itu baik banget, guys. Allah janjiin, kalo kita yang berpuasa bakal bisa masuk pintu surga Ar-Rayyan di akhirat nanti. Jadi, kalo kita berpuasa dengan ikhlas, Insya Allah, kita bakal bisa masuk surga lewat pintu itu. Kayaknya bakal seru banget ya, nanti di akhirat?

BACA JUGA: Manfaat Puasa untuk Ibu Menyusui yang Jarang Diketahui, Ternyata Bisa Bantu Perbaiki Metabolisme Tubuh

Manfaat puasa Ramadan bagi umat Islam ini sangat luar biasa. Bagaimana tidak? Allah SWT sudah menjanjikan siapa saja yang berpuasa, sudah diberi kesempatan untuk masuk ke surga Ar-Rayyan. Nah siapa sih yang nggak mau?

4. Terhindar dari Perbuatan Terlarang

Puasa itu bukan cuma soal nahan makanan dan minuman aja, tapi juga nahan diri dari perbuatan-perbuatan yang nggak baik. Jadi, orang yang berpuasa bakal lebih bisa jaga diri dari perbuatan maksiat, kayak ngomong kasar, nyakitin orang, atau yang lainnya.

5. Lebih Dekat sama Allah SWT

Puasa itu juga bisa jadi sarana buat kita lebih deket sama Allah SWT, loh. Jadi, selama bulan Ramadan, kita bisa lebih intens ngelakuin ibadah dan berserah diri kepadanya. Dengan begitu, kita bakal merasa lebih deket sama sang Maha Pencipta.

BACA JUGA: Manfaat Puasa untuk Penderita Asam Lambung, Simak 7 Tips Melakukannya

Jadi, itulah beberapa manfaat puasa bagi umat Islam, guys. Semoga di bulan Ramadan tahun ini, kita semua bisa maksimalkan ibadah kita dan semua amal kita bisa diterima sama Allah SWT. Aamiin. Yuk, kita jaga puasa kita dengan baik dan benar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: