Ingin Hilangkan Perut Buncit dengan Mudah? 6 Olahraga Ringan Ini Bisa Hilangkan Lemak di Perut

Ingin Hilangkan Perut Buncit dengan Mudah? 6 Olahraga Ringan Ini Bisa Hilangkan Lemak di Perut

Ilustrasi olahraga ringan yang bisa bantu hilangkan perut buncit--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Perut langsing adalah dambaan setiap orang. Namun, pola makan yang salah menyebabkan perut buncit. Lalu bagaimana cara hilangkan perut buncit?

Banyak orang menginginkan tubuh yang langsing tanpa perut buncit. Tak heran, bila banyak jenis diet pun dijajal demi dapat mencapai tujuan penurunan berat badan yang optimal.

BACA JUGA:12 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Diet Ketat, Salah Satunya dengan Tidur

BACA JUGA:Inilah 5 Cara Untuk Mengecilkan Perut Buncit Bagi Pria Selain Olahraga, nomor 1 Apa Bisa?

Namun, selain menjaga pola makan, berolahraga juga menjadi bagian yang penting dalam usaha membakar kalori.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 6 olahraga ringan yang bisa bantu hilangkan perut buncit:

1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah bentuk olahraga ringan yang mudah dilakukan dan memiliki banyak manfaat, termasuk membantu mengurangi perut buncit.

Berjalan kaki secara teratur dapat membantu membakar kalori, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi lemak di seluruh tubuh, termasuk area perut.

Saat berjalan kaki, tubuh Anda menggunakan energi dari lemak sebagai bahan bakar. Semakin lama Anda berjalan, semakin banyak kalori yang akan terbakar.

Perlahan tapi pasti, ini akan membantu mengurangi lemak yang menumpuk di area perut.

Penting untuk memperhatikan intensitas dan durasi berjalan kaki. Usahakan berjalan selama minimal 30-45 menit setiap sesi, beberapa kali dalam seminggu.

2. Lari Ringan

Lari ringan adalah jenis olahraga aerobik yang dapat membantu mengurangi perut buncit. Lari melibatkan gerakan aktif dari seluruh tubuh dan memerlukan penggunaan kalori, termasuk lemak, sebagai sumber energi.

BACA JUGA:10 Aplikasi Pinjol Terpercaya di Playstore ataupun AppStore, Solusi Dana Darurat

BACA JUGA:Ini 10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga dan Diet, Dijamin Lemak di Perut Hangus!

Berikut adalah beberapa cara lari ringan membantu mengurangi perut buncit:

Pembakaran Kalori

Saat Anda berlari, tubuh menggunakan energi yang berasal dari lemak dan karbohidrat untuk menjaga aktivitas.

Semakin lama dan intensitas lari, semakin banyak kalori yang terbakar, membantu mengurangi cadangan lemak, termasuk di area perut.

Latihan Kardiovaskular

Lari ringan merupakan bentuk latihan kardiovaskular yang baik. Ini membantu meningkatkan aliran darah, memperkuat jantung, dan mendukung pembakaran lemak.

Penguatan Otot

Meskipun lebih berfokus pada latihan kardio, lari juga melibatkan otot-otot tubuh Anda, termasuk inti atau otot perut. Ini dapat membantu mengencangkan dan memperkuat otot perut Anda.

BACA JUGA:6 Manfaat Luar Biasa Ikan Nila Bagi Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

BACA JUGA:Ini 10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga dan Diet, Dijamin Lemak di Perut Hangus!

3. Senam Perut

Senam perut adalah serangkaian latihan yang difokuskan pada otot-otot perut. Jenis latihan ini bertujuan untuk menguatkan dan membentuk otot-otot perut, yang dapat membantu mengurangi perut buncit.

Berikut adalah beberapa contoh latihan senam perut yang umum dilakukan:

Sit-Up

Berbaringlah dengan lutut ditekuk dan kaki rapat di lantai. Tempatkan tangan di belakang kepala atau di dada, kemudian angkat kepala, bahu, dan punggung atas dari lantai, lalu turunkan kembali dengan perlahan.

Crunch

Mirip dengan sit-up, tetapi dalam gerakan ini Anda hanya perlu mengangkat kepala, bahu, dan punggung atas dari lantai. Leher tetap dalam posisi netral, tidak perlu diangkat terlalu tinggi.

Plank

Mulailah dengan posisi push-up, tetapi dengan berat badan bertumpu pada siku dan jari kaki. Tubuh Anda harus membentuk garis lurus dari kepala hingga tumit.

Tahan posisi ini selama beberapa detik atau menit, sesuai dengan kemampuan Anda.

Leg Raise

Berbaringlah dengan tangan di bawah pinggul untuk menstabilkan tubuh. Angkat kedua kaki lurus ke atas, menjaga otot perut tetap tertekan. Turunkan kaki dengan perlahan, tetapi jangan biarkan menyentuh lantai.

Russian Twist

Duduklah dengan lutut ditekuk dan kaki diangkat dari lantai. Pegang objek berat atau tangan di depan dada, lalu putar tubuh ke kiri dan kanan dengan perlahan, sambil menjaga inti terlibat.

4. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga kardiovaskular yang efektif dalam membakar kalori dan merampingkan perut.

Baik Anda bersepeda di jalan atau menggunakan sepeda statis, gerakan pedal membantu melibatkan otot-otot perut, paha, dan pinggul. Aktivitas bersepeda teratur membantu mengurangi lemak tubuh, termasuk di area perut.

BACA JUGA:5 Khasiat Air Rebusan Daun Jeruk Purut dan Cara Mengolahnya

5. Renang

Renang adalah olahraga yang melibatkan hampir semua otot dalam tubuh, termasuk otot perut. Gerakan di dalam air memberikan latihan kardiovaskular yang baik sambil juga membantu membentuk otot-otot.

Renang membantu mengurangi lemak secara keseluruhan dan meningkatkan kekuatan otot inti Anda, yang dapat membantu mengurangi perut buncit.

6. Yoga

Yoga adalah kombinasi dari gerakan tubuh, pernapasan, dan meditasi yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan fleksibilitas serta kekuatan otot.

Beberapa pose yoga, seperti pose peregangan dan pose yang melibatkan gerakan otot perut, dapat membantu memperkuat dan merampingkan perut.

BACA JUGA:Ini 10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga dan Diet, Dijamin Lemak di Perut Hangus!

BACA JUGA:PinjamDuit Pinjol Resmi OJK Bunga Rendah Modal KTP, Cair Hingga Rp 10 Juta Dalam 5 Menit

Meskipun yoga bukan olahraga kardiovaskular seperti yang lain dalam daftar ini, tetapi dapat berkontribusi pada penurunan perut buncit melalui penguatan otot dan manajemen stres.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber