Anti Ribet, Berikut 6 Cara Ampuh Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat, Kamu Sudah Coba?

Anti Ribet, Berikut 6 Cara Ampuh Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat, Kamu Sudah Coba?

Ilustrasi Cara Ampuh Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Jerawat memang menjadi masalah kulit yang sangat mengganggu. Masalah kulit yang satu ini bisa meninggalkan bekas pada kulit yang dapat menghitam.

Pasalnya, saat jerawat sembuh dan sel-sel kulit baru terbentuk, sel-sel yang membantu memulihkan permukaan kulitmu mengandung terlalu banyak melanin.

Saat sel-sel kulit tertentu kelebihan zat melanin daripada yang lain, hasilnya adalah muncul bercak kulit yang lebih gelap. Kondisi ini disebut juga sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

Bekas jerawat yang menghitam di pipi sering kali membuat kita kurang percaya diri. Solusinya, Kamu harus tahu bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat.

Pasalnya, bekas jerawat di pipi akan berpotensi memburuk apabila sering terpapar sinar matahari. Sementara, negara kita merupakan iklim tropis, di mana matahari bersinar hampir sepanjang hari.

Nah, salah satu solusi untuk mencegahnya adalah rutin menggunakan tabir surya saat keluar rumah. Namun, tidak hanya itu, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Penyebab Bekas Jerawat Menghitam

Ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan bekas jerawat menghitam, bahkan tak jarang meninggalkan luka bopeng. Padahal apabila ditangani dengan tepat, jerawat tidak akan meninggalkan bekas hitam pada area wajah.

Nah, apabila bekas jerawat menghitam, maka ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebabnya, berikut di antaranya:

  1. Kebiasaan menyentuh dan memencet jerawat
  2. Faktor genetik
  3. Produksi kolagen menurun
  4. Produksi melanin meningkat

Cara Mengatasi Bekas Jerawat Yang Menghitam

Bekas jerawat hitam di pipi sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya, namun membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Munculnya bekas jerawat hitam di pipi terkadang membuat seseorang kurang percaya diri dengan penampilannya. Namun, kondisi ini adalah hal normal sehingga tidak perlu dikhawatirkan ya.

Lalu, apakah bekas jerawat hitam bisa hilang? Tentu saja, Kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk membantu menghilangkan bekas jerawat hitam, terutama di pipi.

1. Lemon

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi bintik hitam bekas jerawat adalah konsumsi vitamin C.

Kamu bisa mengonsumsi jus lemon yang kaya akan vitamin C karena dipercaya mampu mencerahkan kulit, bahkan memudarkan bekas jerawat yang menghitam.

Kamu juga bisa menempelkan irisan lemon segar ke bekas jerawat untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami.

Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya dipercaya mampu memudarkan noda bekas jerawat di wajah dengan baik.

Sayangnya, pemilik kulit sensitif sebaiknya tidak memanfaatkan lemon untuk menghilangkan bekas jerawat karena rentan mengalami iritasi.

BACA JUGA:Ingin Perut Langsing? 5 Minuman Alami Ini Ampuh Membakar Lemak Perut

2. Menggunakan Lidah Buaya

Kamu bisa memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat.

Lidah buaya mampu memudarkan noda hitam bekas jerawat karena mengandung aloin, yaitu senyawa yang dapat mencerahkan area kulit yang gelap dan mengurangi pigmentasi kulit.

Cara mengggunakannya pun cukup mudah. Lepaskan kulit dari daunnya dan ambil daging lidah buaya yang terlihat bening.

Selanjutnya, oleskan daging buah tersebut ke bekas jerawat dengan gerakan melingkar dan bilas dengan air setelah didiamkan selama 30 menit. Ulangi cara ini sebanyak 2 kali sehari.

3. Membuat Masker Madu

Madu tidak hanya mampu menghilangkan bekas jerawat secara alami, tetapi juga mempercepat penyembuhan luka, mengangkat sel kulit mati, dan mengurangi potensi pembentukan jaringan parut pada luka.

Untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami, oleskan madu pada bekas jerawat setiap hari atau gunakan madu sebagai masker wajah.

Cara menggunakan masker madu pun cukup mudah. Setelah mencuci muka dengan sabun dan air, oleskan madu murni ke wajah, diamkan selama beberapa menit, dan bilas dengan air bersih.

4. Cuka Apel

Cuka apel bisa menjadi cara menghilangkan bekas jerawat dengan kandungan antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Namun memang tak semua kulit cocok sebab kandungannya cukup kuat. Pastikan untuk mencobanya di kulit terlebih dahulu untuk melihat reaksinya. Jika tidak ada reaksi apapun pada kulit, bisa dicoba dengan cara sebagai berikut:

  1. Celupkan kapas bersih ke dalam 1-2 sendok cuka apel.
  2. Oleskan kapas pada wajah atau spot bekas jerawat.
  3. Diamkan selama 2-5 menit dan bilas dengan air bersih.

BACA JUGA:Ingin Hilangkan Perut Buncit dengan Mudah? 6 Olahraga Ringan Ini Bisa Hilangkan Lemak di Perut

5. Menggunakan Soda Kue

Soda kue dapat berfungsi sebagai exfoliator atau pengelupas sel kulit mati untuk mengurangi bekas jerawat.

Caranya, campur 2 sendok makan soda kue dan 2 sendok makan air. Oleskan campuran tersebut ke area bekas jerawat dan diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Kamu disarankan untuk segera mengoleskan pelembap wajah setelah melakukan perawatan dengan soda kue agar kulit tidak menjadi kering sehingga tidak iritasi.

6. Menggunakan Tabir Surya

Menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap akan beraktivitas di luar ruangan turut menjadi kunci penting dalam menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi.

Pasalnya, tanpa perlindungan yang tepat, paparan sinar UV akan membuat bekas jerawat menjadi lebih gelap dan makin sulit dihilangkan.

Nah, itu dia beberapa cara untuk menghilangkan noda bekas jerawat yang menghitam.

Secara umum, berbagai bahan di atas aman digunakan pada kulit. Namun, sebagian orang bisa saja mengalami reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu.

Bila Kamu mengalami alergi, segera hentikan pemakaian dan periksakan diri ke dokter.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber