Jaga Sedekah Bumi, Anggota Linmas Margadana Tegal Kesurupan

Jaga Sedekah Bumi, Anggota Linmas Margadana Tegal Kesurupan

Panitia sedang menyembuhkan salah satu Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Fatahilah yang sedang kesurupan saat prosesi sedekah bumi di Jaga Dipa Jalan Buya Hamka, Kelurahan Margadana, Sabtu (12/8).-Meiwan Dani Ristanto-jateng.disway.id

TEGAL, DISWAY JATENG - Salah satu Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Fatahilah yang sedang menjaga prosesi sedekah bumi di di Jaga Dipa Jalan Buya Hamka, Kelurahan Margadana, Sabtu 12 Agustus 2023, mengalami kesurupan.

 

Anggota Linmas tersebut berteriak-teriak mengucapkan salam sambil meronta ronta, saat prosesi sedekah bumi berlangsung. Sehingga membuat panitia sigap dengan langsung memegangin linmas tersebut.

 

"Saat prosesi sedekah bumi berlangsung, ada salah satu anggota Linmas berteriak teriak dan meronta-ronta, sambil mengucapkan salam," kata Danlinmas Kelurahan Margadana Syaeful Anwar.

BACA JUGA:Ini Kata Pengamat tentang Suksesi Kepala DPUPR Kota Tegal yang Temui Kendala

Kejadian itu berawal saat prosesi sedekah bumi berlangsung, ada sekitar 15 ambeng yang disiapkan saat pembukaan. Kemudian seluruh masyarakat datang untuk memperebutkan ambeng tersebut setelah prosesi ruwatan berlangsung.

 

Namun pas memasuki prosesi ruwatan bumi dengan doa, dan perebutan ambeng salah satu Linmas teriak teriak dan meronta ronta.

BACA JUGA:Keren Nih! 40 Siswa SMK Negeri 3 Kota Tegal Dikenalkan Kendali Robot

"Mendengar itu, kami sigap langsung kami  amankan agar tidak menganggu jalanya prosesi sedekah bumi," terangnya.

 

Selain prosesi ruwatan bumi, juga ada Wayang Golek Ki Taryo Carito Tegal yang menjadi rangkaian dari sedekah bumi tersebut. Hal itu untuk melestarikan budaya yang terus dilaksanakan setiap tahun. Karena dipercaya di tempat tersebut sebagai pusarnya Margadana, dan dulu juga pernah menjadi salah satu pasar terbesar di wilayah Margadana.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id