Pererat Kerukunan dengan Sedekah Bumi

Pererat Kerukunan dengan Sedekah Bumi

SEDEKAH BUMI - Prosesi sedekah bumi Tali Putih dilaksanakan warga Desa Gunungsari.Foto: Siti Maftukhah/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Sedekah bumi tali putih yang  dilaksanakan di Desa Gunungsari, Kecamatan Pulosari menjadi agenda tahunan. Untuk mempererat kerukunan warga dalam kehidupan dan bersedekah. 

Sekretaris Desa Gunungsari Wanito mengatakan, ada makna dari pelaksanaan sedekah bumi yang disebut oleh warga Dukuh Krajan Tali Putih. Selain merupakan bentuk pelestarian warisan leluhur, tali putih adalah sebuah ikatan yang seimbang dari berbagai unsur. 

"Baik dari kearifan lokal, adat istiadat, norma agama, bergabung menjadi satu sebagai perekat silaturahmi," katanya.

BACA JUGA:Seorang Bayi Terjangkit Gejala DBD, Petugas Puskesmas Pagiyanten Tegal Langsung PSN

Rangkaian kegiatannya antara lain, prosesi pengambilan air di 7 sumber mata air, dan karnaval peserta pembawa air. Pada saat karnaval, warga dari masing masing RT di Dukuh Krajan menampilkan hasil kreatifitas mereka. 

"Sedekah bumi tali putih ini, diadakan khususnya oleh warga dukuh krajan dan umumnya Desa Gunungsari," imbuhnya. 

BACA JUGA:Puskesmas Dukuhturi Kabupaten Tegal Gaungkan Inovasi Kebal Sinting Pengen Notox

Imam, warga di Desa Gunungsari menuturkan, sedekah bumi tali putih ini sangat dinantikan oleh masyarakat, karena mampu mempererat kerukunan. Warga saling bekerjasama menampilkan yang terbaik, dengan berbagai kreatifitas menarik, dan membawa gunungan hasil bumi yang nantinya akan direbutkan warga. 

"Ada keberkahan didalamnya, sehingga warga sangat antusias mengikuti sedekah bumi tali putih," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: