Bangkitkan Budaya, Pesurungan Kidul Kota Tegal Gelar Sedekah Bumi

Bangkitkan Budaya, Pesurungan Kidul Kota Tegal Gelar Sedekah Bumi

Lurah Pesurungan Kidul Johan Arafat bersama warga mengarak ancak gunungan buah dan sayur di Kelurahan Pesurungan Kidul, Minggu 6 Agustis 2023-Meiwan Dani Ristanto-jateng.disway.id

TEGAL, DISWAY JATENG - Kelurahan Pesurungan Kidul, Kecamatan Tegal Barat, Minggu 6 Agustis 2023, mengelar tablig akbar dan sedekah bumi sebagai momentum tahunan.

 

Karena sebelumnya sempat vakum disebabkan pandemi covid. Hal ini juga sebagai langkah untuk membangkitkan budaya. Sehingga kegiatan tersebut sebagai upaya pemerintah untuk melayani masyarakat.

 

Sebelum arak arakan sedekah bumi dilakukan, kegiatan diawali dengan Tahlil Massal dan Khotmil Qur'an yang ayat-ayatnya didoakan pada ancak gunungan buah serta sayuran sedekah bumi. Kemudian dilanjutkan dengan tausyiah yang dilakukan Rais Syuriah PBNU KH Subkhan Ma'mun.

BACA JUGA:Sedekah Laut; Nelayan Kota Tegal Larung Ancak Kepala Kerbau

Setelah semua dilakukan, dilanjutkan dengan arak arakan dengan membawa ancak gunungan buah dan sayuran yang dimulai dari Makam Kamboja hingga titik terakhir di halaman Kantor Kelurahan Pesurungan Kidul. Setelah sampai ancak gunungan buah dan sayur tersebut diperebutkan warga.

 

"Kami warga Peskid  mengadakan hari besar sedekah bumi yang di isi dengan arak arakan gunungan buah dan sayur yang dibawa ketua RT dan RW. Hal itu sebagai bentuk pelayanan kepada warga, sebab pejabat yang paling bawah melayani masyarakat," kata Lurah Pesurungan Kidul Johan Arafat.

BACA JUGA:Mantap! Disdukcapil Kota Tegal Lauching Sigap Pa Kemat, Permudah Kepengurusan Akta Kematian

Kegiatan tersebut  akan di jadikan monumen pelestarian adat di Pesurungan Kidul. Dan sedekah bumi itu sebagai ruwatan. Sehingga setiap tahun akan terus diadakan.

BACA JUGA:Sarat Prestasi, ini Profil SD Mutu Kota Tegal

"Sedekah bumi, khotmil Qur'an dan tahlil massal tersebut akan jadi agenda tahunan," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id