DLH Kabupaten Tegal Gulirkan Tahapan Seleksi Duta Lingkungan Hidup

DLH Kabupaten Tegal Gulirkan Tahapan Seleksi Duta Lingkungan Hidup

Kabid Penataan Lingkungan DLH mencermati tahapan seleksi Duta Lingkungan Hidup-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG - Upaya untuk menumbuhkan pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai peran penting lingkungan hidup dalam menopang perikehiduan manusia harus dilakukan secara terus-menerus. Hal ini dilakukan untuk dapat mengubah perilaku yang lebih bersahabat dengan lingkungan hidup. 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menumbuhkan kader-kader lingkungan hidup sebagai penggerak di tengah masyarakat, melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan lingkungan hidup terutama yang menyasar generasi muda sebagai generasi penerus bangsa.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muchtar Mawardi SKM MKes melalui Kabid Penataan Lingkungan, Taroyo ST MY menyatakan Pemkab melalui DLH  menyadari pentingnya memberikan bekal pemahaman dan pendidikan lingkungan hidup kepada generasi muda, terutama kalangan pelajar serta memberikan reward kepada mereka yang berprestasi dalam bidang lingkungan hidup. 

BACA JUGA:DLH Kabupaten Tegal Gulirkan Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah

"Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal berencana melaksanakan Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Tahun 2023 dengan sasaran para pelajar tingkat SLTA se-Kabupaten Tegal. Selain sebagai ajang uji pemahaman dan kreatifitas di bidang lingkungan hidup, kegiatan Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Tahun 2023 juga menyediakan berbagai hadiah sebagai reward kepada mereka yang memiliki prestasi di bidang lingkungan hidup," ujarnya Jumat 28 Juli 2023.

Dia menegaskan bahwa maksud dari pelaksanaan kegiatan kali ini, salah satunya ingin memberikan  pendidikan dan pelatihan di bidang lingkungan hidup kepada masyarakat, terutama pada generasi muda pelajar SMA/SMK/MA di seluruh Kabupaten Tegal. 

BACA JUGA:DLH Kabupaten Tegal Susun Rencana Aksi Pengurangan Bahaya Timbal

"Kami ingin memberikan wawasan kepada masyarakat terutama kepada generasi muda, tentang permasalahan lingkungan hidup yang riil terjadi di tengah-tengah kehidupan masyarakat, serta memberikan dorongan kemampuan analisis, kreatifitas dan kemampuan menyelesaikan masalah kepada generasi muda tentang permasalahan lingkungan hidup yang terjadi di sekitar kita," cetusnya.

Taroyo juga menegaskan bahwa seiring dengan tema peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023, yaitu Beat Plastic Pollution atau Solusi Untuk Sampah Plastik. Maka kegiatan Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal Tahun 2023 kali ini mengambil tema  Hidup Asik Tanpa Sampah Plastik.  

"Untuk tahapan rangkaian diawali dengan seleksi tahap I  yang merupakan tes tertulis.Seleksi tahap I (tes tertulis), dilaksanakan dengan cara peserta menjawab pertanyaan pilihan ganda sebanyak 80 soal dengan tema pengetahuan umum seputar lingkungan hidup,"ungkapnya.

Dari hasil seleksi tahap I akan dipilih masing-masing 15 besar, kategori putra dan putri (total 30 orang) nilai tertinggi untuk bisa mengikuti seleksi tahap II. Diseleksi tahap II peserta yang lolos  akan mengikuti fildtrip ke TPA Penujah Kecamatan Kedungbanteng. 

"Tujuan fildtrip adalah untuk menunjukkan kepada peserta mengenai permasalahan lingkungan hidup yang riil terjadi di wilayah Kabupaten Tegal," tegasnya.

BACA JUGA:DLH Kabupaten Tegal Berangkatkan Kontingen Perkemahan Bakti Saka Kalpataru 

Dari seleksi tahap II, akan diambil masing-masing 6 besar peserta putra dan putri (total 12 orang), yang memiliki nilai tertinggi dan berhak lolos untuk mengikuti seleksi tahap III (Grand Final). Dan untuk  finalis 6 besar peserta pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kab.Tegal Tahun 2023 juga akan diuji kemampuan dan pengetahuannya oleh Tim Juri melalui beberapa pertanyaan (pertanyaan akan diundi di antara finalis). (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id