Bupati Tegal Minta Duta Lingkungan Hidup Beri Perubahan Nyata

Bupati Tegal Minta Duta Lingkungan Hidup  Beri Perubahan Nyata

Bupati Tegal memberi support pada finalis Duta Lingkungan Hidup, kemarin.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENGDuta Lingkungan Hidup  diminta bisa memberikan perubahan nyata yang lebih baik di masyarakat. Hal tersebut diserukan Bupati Tegal Umi Azizah di perhelatan ajang final pemilihan Duta Lingkungan Hidup di pendopo Amangkurat, Sabtu 12 Agustus 2023.


--

Dia juga meminta kepada finalis dengan mengikutikegiatan ini, setidaknya telah  berkomitmen menjadi bagian dari sebuah gerakan kepedulian untuk mengampanyekan cinta lingkungan dan mempraktekan gaya hidup minim sampah plastik.

"Sejalan dengan tema kampanye Go Green hari ini  hidup asyik tanpa sampah plastik, saya minta harus ada aksi nyata dari para duta lingkungan yang tidak hanya sekedar kemampuannya menguasai teori penanganan sampah plastik ataupun komitmen yang terucap secara lisan," paparnya.

BACA JUGA:TPAS Penujah Terbakar, Sekda dan DLH Kabupaten Tegal Sidak Beri Solusi

Dijelaskan, akan tetapi bagaimana perannya sebagai duta lingkungan mampu mempengaruhi dan menggerakkan orang lain merubah perilakunya meminimalisir penggunaan kantong plastik sekali pakai, tidak memakai styrofoam untuk mengemas makanan, tidak menggunakan tisu basah yang ternyata ada kandungan resin plastik, sampai penggunaan popok bayi sekali pakai. Selain tentunya juga menjadi contoh pribadi teladan yang menerapkan pola hidup minim sampah plastik di kesehariannya

Sementara itu kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Muchtar Mawardi SKM MKes didampingi Kabid Penataan Lingkungan, Taroyo menyatakan agenda pemilihan Duta Lingkungan Hidup ini digulirkan sebagai salah satu upaya untuk   menumbuhkan kader-kader lingkungan hidup sebagai penggerak di tengah masyarakat melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan lingkungan hidup,  terutama yang menyasar generasi muda sebagai generasi penerus bangsa. 

BACA JUGA:DLH Kabupaten Tegal Gelar Verifikasi Lapangan Program Kampung Iklim

" Adapun tujuan dari kegiatan ini diantaranya untuk meningkatnya pemahaman dan pengetahuan generasi muda tentang permasalahan lingkungan hidup yang terjadi di tengah masyarakat, serta  kemampuan generasi muda dalam membantu menyelesaikan permasalahan lingkungan hidup. Selebihnya menciptakan kader-kader lingkungan hidup dari generasi muda yang dapat menjadi penggerak dan pelopor masyarakat dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup," cetusnya.

Dalam kesempatan ini Bupati Tegal Umi Azizah jug amemberikan apresiasi kepada finalis dan berharap semangat  sebagai duta lingkungan diharapkan akan bisa mempelopori berbagai inisiatif dan kegiatan baru yang berdampak positif bagi generasi sebelumnya maupun generasi selanjutnya.

Dari hasil penilaian dewan juri ditetapkan juara I  putra  Duta Lingkungan Hidup tahun ini diraih M Rantawan Kusuma siswa SMAN 1 Slawi , untuk putri diraih  Selsya  Dera  Amanda  siswa SMKN 1 Slawi.

BACA JUGA:Sosialisasikan Persetujuan Teknis Operasional Pemenuhan Baku Mutu Air Limbah, DLH Panggil Pimpinan Perusahaan

" Dengan mengikuti kegiatan ini, setidaknya kalangan  pelajar telah berkomitmen menjadi bagian dari sebuah gerakan kepedulian untuk mengampanyekan cinta lingkungan dan mempraktekan gaya hidup minim sampah plastik," ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id