DLH Kabupaten Tegal Gelar Verifikasi Lapangan Program Kampung Iklim

DLH Kabupaten Tegal Gelar Verifikasi Lapangan Program Kampung Iklim

Kepala DLH Mocthar Mawardi SKM MKes mendampingi tim verifikasi Program Kampung Iklim di Balai Desa Ujungrusi -Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG - Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Jawa Bali Nusatenggara Dirjen  Pengendalian  Perubahan Iklim Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melaksanakan verifikasi lapangan Program Kampung Iklim di Desa Ujungrusi Kecamatan Adiwerna.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Mochtar Mawardi SKM  MKes, didampingi Pejabat Fungsional Penyuluh Lingkungan, Sobiroh menyatakan, sebelumnya Desa Ujungrusi memang sempat diusulkan sebagai lokasi Program  Kampung Iklim (ProKlim) di tahun 2023 ini.

BACA JUGA:DLH Kabupaten Tegal Gulirkan Tahapan Seleksi Duta Lingkungan Hidup

"Adapun keunggulan Desa  Ujungrusi, sehingga kami usulkan sebagai lokasi ProKlim. Diantaranya  desa tersebut sudah melakukan aksi adaptasi dan mitigasi. deperti membuat lubang biopori, sumur resapan, memiliki penampungan air hujan, dan lainnya  yang sudah dikirim melalui aplikasi SRN-PPI (Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim)," ujarnya Jumat 4 Agustus 2023.

Disamping itu Desa Ujungrusi sudah mempunyai kelembagaan, yaitu Bank Sampah BESTARI (Berkah, Sehat, Tata, Lestari) yang sudah melakukan kegiatan adaptasi dan mitigasi dari mulai tahun 2017. Dan lembaga ini juga  sudah di SK kan oleh Kepala Desa Ujungrusi dan Kepala DLH Kab. Tegal.

BACA JUGA:DLH Kabupaten Tegal Susun Rencana Aksi Pengurangan Bahaya Timbal

"Desa Ujungrusi melalui program TESTA yang merupakan salah satu desa percontohan di Kabupaten Tegal dalam pengelolaan sampah, sudah banyak dikunjungi oleh organisasi baik pemerintahan maupun non pemerintahan. Program tersebut  sebagai bahan belajar dalam hal pengelolaan sampah baik padat maupun cair," cetusnya.

Menurutnya, Desa Ujungrusi juga sudah mendapatkan banyak penghargaan mulai dari tingkat kabupaten, sampai tingkat nasional baik untuk Bank Sampah BESTARI maupun perseorangan dari Direktur Bank Sampah “Ibu Anni Murtafi’ah”.

"Adapun penghargaan yang sempat diraeh Desa Ujungrusi diantaranya penghargaan  Perempuan Inspiratif 2022 dari Bupati Tegal  yang berhasil mengelola sampah rumah tangga, juara I  Krenova Kabupaten Tegal tahun 2022, penghargaan Kalpataru  Kabupaten Tegal tahun 2022, juara III tingkat nasional Bank Sampah PT ASTRA,  dan juara III lomba Desa Sehat Tingkat Kabupaten Tegal," ungkapnya.

BACA JUGA:DLH Kabupaten Tegal Gandeng Akademisi, Petakan Kawasan Hutan

Dan dari hasil pengisian data Exel dan SRN PPI  (Sistim Registrasi Nasional Pengendalian Perubahan Iklim) yang sudah dilaksanakan oleh Program Kampung Iklim  Utama Desa Ujungrusi Kecamatan Adiwerna, Provinsi Jawa Tengah menilai sudah memenuhi persyaratan dan besar harapan berhasil memperoleh Penghargaan ProKlim Utama. (adv) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id