Misteri dan Mitos Gunung Dempo Sumatera Selatan, Dari Siluman Harimau Sampai Kumandang Adzan

Misteri dan Mitos Gunung Dempo Sumatera Selatan, Dari Siluman Harimau Sampai Kumandang Adzan

Ilustrasi Gunung Dempo Sumatera Selatan--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Sebagai gunung api tertinggi di Sumatra Selatan, Gunung Dempo berada di atas Dataran Pesemah dekat Pagar Alam. Gunung ini dekat dengan provinsi Bengkulu dan memiliki tujuh kawah di sekitar puncak.

Terletak di perbatasan antara provinsi Sumatra Selatan dan Bengkulu di pantai barat Sumatra, Gunung Dempo terletak di Pagaralam, dan seluruhnya dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan.

Gunung Dempo adalah gunung yang menyimpan banyak misteri di dalamnya. Kisah mistis keberadaan Siluman Harimau sampai deNgan Pohon kayu panjang umur di Gunung Dempo menambah cerita mistis tentang gunung ini. Termasuk misteri dan mitos lain mengenai gunung ini.

Penasaran apa saja misteri dan mitosnya?

Dilansir dari beberapa sumber, berikut misteri dan mitos yang ada pada gunung Dempo

1. Pohon Kayu Panjang Umur

Salah satu misteri gunung Dempo yang menarik adalah pohon yang dinamakan Pohon Kayu Panjang Umur.

Jika diperhatikan, pohon ini seperti ditanam secara sengaja karena tersusun dengan sangat rapi dan memiliki jarak 2 meter antar pohon. Bila batang kayu tersebut tumbuh kurang dari 2 meter maka akan mati dengan sendirinya.

Namun pohon yang buahnya hanya bisa ditemukan di puncak gunung ini sudah hampir punah karena sering diambil oleh para pendaki yang tidak tahu-menahu soal pohon ini.

Selain Pohon Kayu Panjang Umur, ada tanaman unik lainnya yang dinamakan Kayu Api. Kegunaan Kayu Api ini sesuai dengan namanya yaitu untuk menghasilkan api hanya dengan cara menggesekkan kayunya.

Anda tidak akan bisa memasak dengan kompor minyak maupun kompor gas dan hanya bisa menggunakan Kayu Api.

2. Penemuan Benda-Benda Purbakala

Banyak sekali benda-benda peninggalan sejarah yang ditemukan di kawasan wilayah gunung Dempo termasuk Pagaralam dan Lahat.

Penemuan tersebut berupa emas murni, artefak, benda simbol kerajaan, dan lainnya.Karena penemuan tersebut seorang jurnalis yang bernama Sripo Sutrisman Dinah sangat ingin pemerintah melakukan penelitian pada gunung Dempo.

Hal ini dilakukan untuk meneliti tentang identitas bangsa dan untuk menggali lebih dalam mengenai sejarah-sejarah yang tersimpan di gunung Dempo. 

BACA JUGA:Gunung Lawu: Dibalik Keindahannya, Ternyata Menyimpan Misteri dan Mitos yang Menyeramkan

3.  Si Pahit Lidah dan Si Mata Empat

Misteri tentang si pahit lidah dan si mata empat ini merupakan cerita turun temurun sampai ke cucu-cucu mereka.

Konon katanya si pahit lidah dan si mata empat yang sama-sama memiliki kesaktian yang tinggi hidup pada awal mula berdirinya kerajaan Sriwijaya.

Si pahit lidah yang bernama asli Serunting merupakan nenek moyang keturunan suku Basemah sedangkan si mata empat merupakan nenek moyang suku komering yang kemudian mereka bertarung hingga mati.

Menurut legenda dan misteri gunung Dempo, sebelum serunting mati ia bersumpah jika ada keturunan dari si mata empat yang menginjakkan kaki di gunung Dempo maka mereka akan mati.

Menurut misteri gunung dempo tersebut maka setiap ada yang datang berkunjung selalu dipastikan apakah orang tersebut merupakan suku komering atau bukan.

Menurut warga, suku komering yang berkunjung ke gunung Dempo banyak yang hilang bahkan ada juga yang ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa.

4. Kumandang Adzan

Mitos lain yang beredar di masyarakat dan kalangan pendaki adalah keajaiban kumandang adzan yang diyakini bisa membuka kabut tebal yang menghambat perjalanan.

Sudah sangat jamak di kalangan pendaki, ketika menjumpai kabut tebal di tengah perjalanan maka solusinya adalah dengan mengumandangkan adzan.

Meskipun belum ada penjelasan ilmiah mengenai kondisi ini, namun sudah banyak yang membuktikan bahwa hal itu benar-benar nyata dan terjadi.

5. Siluman Harimau

Masyarakat sekitar memiliki kepercayaan bahwa gunung Dempo dijaga oleh siluman harimau yang wujudnya suka berubah-ubah terkadang menjadi manusia dan menjadi harimau.

Siluman harimau ini tidak akan mengganggu jika tidak diganggu duluan. Siluman harimau ini sering menampakkan diri sebagai manusia namun tak jarang juga ada yang melihatnya sebagai harimau.

Cerita manusia harimau di gunung Dempo bukan isapan jempol. Telah banyak lagenda yang kita dengar tentang manusia jadi-jadian (Jelmaan) Harimau yang sakti mandraguna.

Memiliki kekuatan dahsyat bahkan dapat menghindar dari terjangan senjata tajam.

Wujudnya seringkali terlihat sama seperti manusia, tapi sering kali ada yang bernasib sial melihatnya berwujud harimau.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber