Jangan Asal Pakai Kacamata! Sesuaikan dengan Bentuk Wajah Anda, Dijamin Tambah Cantik

Jangan Asal Pakai Kacamata! Sesuaikan dengan Bentuk Wajah Anda, Dijamin Tambah Cantik

Memilih kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah dapat menyempurnakan penampilan anda. (Model: Warda)--

DISWAYJATENG – Kacamata bisa memiiki berbagai macam fungsi, mulai dari penunjang karena ada kelainan pada mata ataupun sebagai penunjang penampilan seseorang. Dengan memakai kacamata, penampilan seseorang akan terlihat semakin cantik.

Namun yang perlu anda ketahui jika penggunaan kacamata juga harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya yang perlu anda perhatikan adalah bentuk wajah.

Kacamata harus anda sesuaikan dengan bentuk wajah anda, sehingga apapun fungs dari kacamata tersebut tetap akan menyempurnakan penampilan seseorang.

Tidak kita ragukan lagi bahwa kacamata termasuk barang esensial. Karena itu pilihlah kacamata yang paling sesuai dengan bentuk wajah anda. Bingkai yang tepat akan menjadikan penampilan anda maksimal. Namun perlu kami tekankan sebelumnya, wajahmu sudah sempurna adanya.

Kacamata hanyalah aksesoris pendukung. Seperti aksesoris lainnya, penampilanmu akan lebih menarik jika aksesoris yang dipakai mendukung. Namun aksesoris yang tidak sesuai, akan membuat penampilan sedikit kurang optimal.

Melansir dari Saturday.com, cara memilih kacamata sesuai bentuk wajah bukanlah hal sulit. Cukup tarik rambut ke bagian belakang dan amati wajah anda pada cermin. Perhatikan bentuk dan kontur wajah secara keseluruhan dan ikuti petunjuk dibawah ini.

1.    Hati

Muka berbentuk hati mempunyai karakteristik dahi yang lebar dan dagu yang lancip seolah dagu merupakan ujung dari muka. Biasanya jawline juga tampak lebih ramping, sedangkan tulang pipi dan dahi tampak lebih lebar.

Untuk kamu pemilik wajah berbentuk hati, sebaiknya memilih frame oval atau bulat. Lensa dengan bingkai tipis berwarna terang juga cocok digunakan karena menambah ilusi lembut pada muka.

Lensa tanpa frame juga tergolong kacamata sesuai bentuk wajah hati. Dengan tidak adanya bingkai, dahi dan rahang akan tampak seimbang. Beberapa frame yang cocok untuk bentuk muka ini adalah seperti Jarvis, atau Halifax.

Yang perlu dihindari oleh pemilik muka hati (atau biasa disebut segitiga terbalik) adalah frame dengan gagang tinggi.

2.    Oval

Muka oval mempunyai proporsi seimbang dengan karakteristik lonjong dan dagu serta jawline yang bulat. Bagian bawah wajah oval biasa lebih panjang dibandingkan dengan bagian atasnya.

Memilih kacamata sesuai bentuk wajah oval sangatlah mudah karena wajah oval cocok memakai hamper semua jenis bingkai. Kamu yang berwajah oval bisa bangga sekaligus lega karena semua frame kacamata akan tampak keren ketika kamu gunakan! Jangan ragu untuk mengekspresikan dirimu!

Namun sebaiknya wajah oval menghindari bingkai dengan bentuk ekstrim atau tipe oversized yang ukurannya lebar dan menutupi sebagian besar wajah.

Kacamata terbaik untuk wajah oval adalah frame tebal, tipe cat eye atau frame persegi dengan lengkungan. Beberapa contoh frame yang cocok untuk adalah seperti Ashley, atau Durand.

3.    Segitiga

Muka berbentuk segitiga bisa dikatakan kebalikan dari bentuk hati, karena bagian bawah wajah terutama di bagian tulang pipi dan dagu tampak lebar, sedangkan dahi terlihat runcing.

Kacamata sesuai bentuk wajah segitiga biasanya tebal di atas namun tipis di bawah. Boleh juga memakai frame bulat untuk menonjolkan penampilan yang unik. Kamu pemilik wajah segitiga juga dapat mempertimbangkan frame cat eye sebagai rekomendasi. Beberapa frame yang bisa kamu pilih adalah seperti, Victory 2.0, atau Porter.

4.    Bulat

Tipe wajah bulat sangat mudah dikenali. Umumnya wajah bulat mempunyai tulang pipi yang tampak lebih lebar dibandingkan dengan bagian lainnya. Tidak ada ujung maupun lekukan yang menonjol di wajah. Hampir seluruhnya berbentuk bulat, termasuk dagu dan jawline.

Kacamata sesuai bentuk wajah bulat adalah frame persegi atau kotak yang lebar tapi tidak terlalu tebal. Bisa berupa kacamata segi empat atau segi unik dengan syarat terdapat sudut pada bagian frame sehingga membuat muka tampak lebih tipis dan panjang.

Hindari bingkai sempit, gagang tebal dan warna gelap karena akan membuat mukamu tampak lebih bulat.

5.    Berlian atau Wajik

Wajah berlian ditandai dengan dahi dan garis rahang yang sempit sementara tulang pipi tampak lebih lebar. Frame kacamata sesuai bentuk wajah berlian biasanya memiliki detail khas di garis alis yang mampu menonjolkan mata dan menghaluskan tulang pipi.

Pilihan lain untuk pemilik wajah berlian adalah lensa tanpa bingkai, frame oval dan cat eye. Salah satu jenis kacamata yang bisa digunakan adalah Lola yang mana terbuat dari bingkai titanium Jepang yang ringan dan memberikan karakter unik setiap harinya.

6.    Persegi

Muka persegi ditandai dengan lebar dahi, tulang pipi dan jawline yang sama sementara rahang tampak lebih tajam. Wajah persegi berbeda dengan wajah bulat yang tidak memiliki bagian menonjol maupun tajam.

Apabila kamu mempunyai wajah persegi, maka frame kacamata sesuai bentuk wajah tersebut adalah bulat atau oval yang bisa menghadirkan efek lengkung sehingga garis wajah terlihat lebih halus di sudut-sudutnya.

Pemilik muka persegi sebaiknya menghindari lensa dengan bentuk persegi dan frame bersudut yang dapat menjadikan penampilan tampak tidak seimbang. Salah satu rekomendasi frame yang tepat untuk bentuk wajah seperti ini adalah Filmore.

BACA JUGA:Para Wanita Harus Tahu Info Ini! Baca Sampai Tuntas, 9 Cara Membuat Alis Sesuai Wajah Anda

Nah, itulah beberapa tips memilih kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah anda sebagai penggunanya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: