7 Rekomendasi Gunung di Jawa Tengah yang Cocok untuk Pendaki Pemula, Mana Pilihanmu?

7 Rekomendasi Gunung di Jawa Tengah yang Cocok untuk Pendaki Pemula, Mana Pilihanmu?

Ilustrasi gunung telomoyo--instagram

DISWAYJATENG.ID - 7 Rekomendasi Gunung di Jawa Tengah yang Cocok untuk Pendaki Pemula, Mana Pilihanmu? Mendaki gunung saat ini menjadi aktivitas yang cukup digemari tidak hanya bagi kalangan laki-laki, tapi juga perempuan.

Nah, di Jawa Tengah atau Jateng ada beberapa gunung yang menjadi favorit untuk pendaki, terutama yang baru belajar atau pemula. Mengutip dari Wikipedia, ada sekitar 154 gunung yang ada di Pulau Jawa. Dari ratusan gunung itu beberapa di antaranya berada di Provinsi Jawa Tengah atau Jateng.

Ada banyak gunung indah di Jawa Tengah yang dapat ditaklukan, tapi tidak semua dapat ditempuh oleh seorang pemula. Biasanya, gunung yang cocok ditempuh pendaki pemula yakni memiliki ketinggian berkisar antara 1.000 hingga 2.000 meter dari permukaan laut (mdpl).

Selain itu, medan yang tidak terlalu terjal juga menjadi pertimbangan. Lalu apa saja rekoemndasi gunung di Jawa Tengah yang aman untuk pemula?

Berikut 7 rekomendasi gunung di jawa tengah untuk pendaki pemula :

1. Gunung Andong, Magelang

Gunung Andong memiliki ketinggian 1.726 mdpl, terletak di antara Desa Ngablak dan Tlogorjo, Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini menawarkan sensai pendakian yang istimewa, mulai dari jalur yang tidak terlalu terjal, waktu tempuh singkat atau kurang lebih 1-3 jam.

Ketika di puncak, hanya dengan memutar 360 derajat, pendaki sudah bisa melihat keindahan puncak Gunung Merbabu, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, dan Telemoyo.

Bagi para traveler, Gunung Andong dapat ditempuh dari 3 jalur, yaitu rute dari selatan (Yogyakarta, Ketep Magelang, dan Purworejo), rute utara Magelang (Semarang, Salatiga, Ungaran, Boyolali, Solo), dan rute dari barat (Grabag, Wonosobo, Secang, Temanggung, dan Parakan).

2. Gunung Prau, Wonosobo

Gunung Prau memiliki ketinggian 2.590 meter di atas permukaan laut (mdpl). Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mendaki agar sampai ke kawasan puncak sekitar 1,5 sampai 3 jam.

Kawasan puncaknya juga cukup luas untuk berkemah. Jika kamu mendirikan tenda di area camping sisi selatan, maka kamu akan disuguhkan dengan panorama indah, yakni pesona Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi dan Merbabu.

Gunung ini disebut sebagai gunung sejuta umat karena sering didatangi banyak pendaki dari berbagai daerah. Sedangkan jalur pendakian yang menjadi favorit para pendaki adalah via Patak Banteng yang berada di samping jalan utama Wonosobo-Dieng.

3. Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang

Kabupaten Semarang juga memiliki Gunung yang patut untuk dikunjungi, yakni Gunung Ungaran. Gunung ini memiliki ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Jalur pendakian yang dilalui cukup mudah sehingga untuk mencapai puncak Gunung Ungaran dibutuhkan waktu tempuh sekitar 2 sampai 3 jam.

Gunung Ungaran memiliki dua puncak tertinggi yaitu Puncak Botak yang bisa dicapai melalui jalur Perantunan dan Puncak Banteng lewat jalur Mawar.

4. Gunung Sindoro, Wonosobo

Gunung Sindoro di Kabupaten Wonosobo ini juga menjadi salah satu favorit pendaki gunung. Gunung Sindoro menyuguhkan lanskap yang cantik baik ketika sunset maupun sunrise.

Ada tiga jalur yang bisa digunakan untuk menuju ke lokasi ini yakni via jalur Sigedang Tambi dan Alang-alang Sewu, serta jalur Kledung. Para pendaki pemula disarankan melalui rute Kledung karena transportasinya lebih mudah.

Untuk menuju jalur Kledung ini kamu bisa naik bus jurusan Magelang-Wonosobo. Setibanya di Desa Kledung, kamu akan menyusuri jalan bebatuan lewat pertanian penduduk untuk menuju pos pertama. Kamu bisa berjalan kaki atau naik ojek hingga pos pertama.

BACA JUGA:7 Gunung di Jawa Barat yang Aman untuk Pendaki Pemula, Nomor 1 Paling Populer!

5. Gunung Besek, Wonogiri

Gunung Besek berada di Dusun Setren, Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro, Wonogiri. Untuk menuju puncak Gunung Besek ini tidak rumit, kamu tinggal melewati kondisi jalan yang cenderung menurun dan mudah dijangkau.

Untuk menuju ke Gunung Besek kamu bisa menempuh perjalanan dari jalur utama Wonogiri-Ponorogo sejauh 44 km untuk menuju ke Kecamatan Purwontoro. Kemudian dari kecamatan itu, kamu mengarah ke selatan melewati jalan Purwantoro-Kismantoro, lalu masuk ke Desa Bugelan.

Waktu terbaik untuk mendaki gunung ini saat sore hari, karena panorama matahari terbenam atau sunset yang cantik. Meski terbilang ramah untuk pendaki pemula, wajib hati-hati ya karena lokasinya yang berbatasan dengan jurang.

6. Gunung Bismo, Wonosobo

Satu lagi atap Dataran Tinggi Dieng, yakni Gunung Bismo yang memiliki ketinggian 2.356 mdpl. Jika mendaki via jalur Sikunang di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, pendaki hanya perlu berjalan satu jam karena ada jasa ojek.

Setibanya di Puncak Indraprasta, pendakia akan disuguhi keindahan panorama 360 derajat yang begitu memukau.

7. Gunung Telomoyo, Semarang

Jika ke Semarang, kamu bisa banget untuk mampir ke Gunung Telomoyo. Salah satu gunung yang ramah untuk didaki oleh pendaki pemula. Tingginya juga tidak seberapa, sekitar 1.894 mdpl.

Daya tarik Gunung Telomoyo adalah samudra awan yang bisa kamu nikmati. Cukup indah bisa menikmati fenomena tersebut di gunung dengan ketinggian di bawah 2.000 meter. Jalur pendakian Gunung Telomoyo juga terbilang tidak terlalu sulit.

Spot terbaik saat mendaki gunung adalah puncaknya, tak terkecuali Gunung Telomoyo yang bisa menikmati lima gunung sekaligus di puncaknya. Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Andong, Gunung Ungaran, dan Gunung Sumbing bisa kamu lihat jelas.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber