7 Gunung di Jawa Barat yang Aman untuk Pendaki Pemula, Nomor 1 Paling Populer!

7 Gunung di Jawa Barat yang Aman untuk Pendaki Pemula, Nomor 1 Paling Populer!

--

DISWAYJATENG.ID - Bagi kamu yang baru mencoba mendaki gunung, berikut 7 Gunung di Jawa Barat yang Aman untuk Pendaki Pemula.

Dilansir dari International Journal of Sports Medicine (2016), mendaki gunung dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk kesehatan fisik dan mental. Seperti meningkatkan kekuatan otot, mengurangi stres, dan meningkatkan rasa percaya diri.

Oleh karena itu, tak mengherankan jika kegiatan outdoor ini semakin banyak disukai. Namun, aktivitas mendaki gunung tentu perlu persiapan yang matang dan perlengkapan yang memadai.

Bagi kamu yang baru mencoba mendaki gunung, berikut rekomendasi gunung untuk pendaki pemula di Jawa Barat. Seperti kita ketahui, Provinsi Jawa Barat memiliki bentang alam yang unik dan khas. Sebagian wilayah Jawa Barat banyak terdapat pegunungan yang cocok didaki oleh pendaki pemula.

Terlebih lagi, beberapa gunung di Jawa Barat berlokasi tak terlalu jauh dari Jabodetabek.

Berikut 7 gunung di Jawa Barat yang cocok untuk pendaki pemula : 

1. Gunung Papandayan

Gunung pertama di Jawa Barat yang cocok untuk pendaki pemula adalah Gunung Papandayan. Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung berapi yang terletak di Garut, Jawa Barat.

Gunung ini memiliki ketinggian  2.665 meter di atas permukaan laut. Jalur pendakian gunung ini terbilang cukup mudah dilalui dan cukup populer di kalangan pendaki pemula.

Waktu tempuh untuk mencapai puncak Papandayan atau camp area hanya memakan waktu sekitar 3-4 jam. Selain itu, sepanjang perjalanan, para pendaki juga dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah, seperti danau, perbukitan, dan kawah yang masih aktif.

2. Gunung Patuha

Gunung Patuha berada di dalam kawasan wisata Kawah Putih, Bandung.Gunung ini memiliki ketinggian  2.434 meter di atas permukaan laut. Gunung Patuha memiliki beberapa jalur pendakian yang ramah untuk pemula, yakni jalur Kawah Putih, jalur Sunan Rama, dan jalur Cipanganten.

Jalur pendakian Sunan Rama dan Cipanganten cocok bagi Eigerian yang ingin merasakan pengalaman pendakian yang lebih menantang. Selama perjalanan, kita dapat menikmati panorama alam Kawah Putih yang memukau.

3. Gunung Kencana

Rekomendasi gunung untuk pemula selanjutnya adalah Gunung Kencana yang terletak di kawasan Cibungbulang, Kab Bogor, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian  1.803 meter di atas permukaan laut.

Gunung Kencana memiliki jalur yang cukup menantang namun masih ramah untuk pendaki pemula. Untuk sampai ke puncak, hanya dibutuhkan trekking selama 45 menit hingga satu jam terhitung dari pos tiket.

Perjalanan menuju basecamp Gunung Kencana dapat dilalui dengan mobil atau motor melintasi perkebunan teh.

4. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray memiliki beberapa jalur pendakian yang cukup panjang. Dalam beberapa kondisi, gunung ini memang kurang ramah bagi pemula yang ingin mendaki gunung dengan waktu singkat.

Namun, jika kamu ingin mendaki gunung dengan santai dan bermalam di pos pendakian, Gunung Cikuray bisa kamu pertimbangkan.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Gunung yang Aman untuk Pendaki Pemula, Apa Saja?

5. Gunung Gede

Gunung Gede terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian  2.958 meter di atas permukaan laut.

Gunung terpopuler di Jawa Barat ini memang menjadi favorit banyak pendaki, baik pemula maupun pendaki berpengalaman. Gunung ini memiliki jalur pendakian yang ramah pemula dan memakan waktu sekitar 5-6 jam untuk mencapai puncaknya.

Kamu juga bisa naik dan turun pada hari yang sama jika mau mencobanya.

6. Gunung Burangrang

Gunung Burangrang terletak di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian  2.050 meter di atas permukaan laut.

Meskipun cukup menantang, jalur pendakian Gunung Burangrang masih cocok untuk latihan pendaki pemula. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak berkisar antara 5-7 jam, tergantung pada kondisi fisik dan cuaca.

Selama perjalanan menuju puncak, para pendaki akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah, seperti hutan pinus, kebun teh, dan bukit-bukit yang hijau.

7. Gunung Malabar

Gunung Malabar terletak di kawasan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, dan termasuk salah satu gunung terpopuler di Jawa Barat.

Gunung ini memiliki ketinggian  2.437 meter di atas permukaan laut. Meskipun jalur pendakiannya cukup menantang dan bervariasi, Gunung Malabar masih ramah untuk pendaki pemula.

Dari puncaknya, kita bisa menikmati pemandangan yang sangat menawan. Para pendaki dapat melihat pemandangan Kota Bandung, Gunung Tangkuban Perahu, dan hamparan perkebunan teh yang menyegarkan.

Penting untuk selalu melakukan persiapan yang matang sebelum mendaki gunung, termasuk memeriksa kondisi cuaca, membawa perlengkapan yang sesuai, dan mendapatkan informasi terkini tentang rute pendakian. Selalu ingat untuk menjaga keselamatan dan mendaki sesuai dengan kemampuan fisik Anda.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber