7 Rekomendasi Gunung yang Aman untuk Pendaki Pemula, Apa Saja?

7 Rekomendasi Gunung yang Aman untuk Pendaki Pemula, Apa Saja?

--

DISWAYJATENG.ID - 7 Rekomendasi Gunung yang Aman untuk Pendaki Pemula. Bagi pemula yang tertarik mendaki gunung, ada beberapa pilihan gunung yang relatif aman dan cocok untuk memulai petualangan pendakian.

Lalu apa saja gunung yang relatif aman untuk pendaki pemula?

Berikut ini 7 rekomendasi gunung yang aman untuk pemula:

1. Gunung Prau, Jawa Tengah

Gunung Prau adalah salah satu pilihan terbaik untuk pemula. Dengan ketinggian sekitar 2.565 meter di atas permukaan laut, pendakian Gunung Prau cukup mudah dan memiliki jalur yang jelas.

Pemandangan dari puncaknya termasuk sunrise yang spektakuler dan padang rumput yang luas.Membuat kalian ingin berlama-lama menikmati pemandangan alam yang memikat hati dan sangat begitu menenangkan.

2.Gunung Papandayan, Jawa Barat

Gunung Papandayan adalah salah satu gunung berapi paling populer di Jawa Barat. Meskipun memiliki beberapa jalur yang lebih menantang, terdapat juga jalur pendakian yang relatif mudah.

Mendaki gunung ini, kita akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa berupa kawah-kawah, hutan yang dipenuhi dengan pohon-pohon mati tanpa daun, Pondok Salada dan Tegal Alun yang dipenuhi dengan bunga edelweiss.

Puncaknya menawarkan pemandangan yang menakjubkan, termasuk kawah aktif dan air panas alami. Wisata yang satu ini menjadi salah tempat yang cukup populer untuk sebagian pendaki.

3.Gunung Batur, Bali

Gunung Batur adalah pilihan yang bagus bagi pemula yang ingin mendaki gunung di Pulau Bali. Dengan ketinggian sekitar 1.717 meter di atas permukaan laut, pendakian Gunung Batur dapat diselesaikan dalam waktu sekitar 2-3 jam.

Puncaknya menawarkan pemandangan spektakuler dari kawah dan Danau Batur. Diketahui bersama bahwa Bali terkenal dengan wisatanya yang populer bahkan namanya melejit sampai ke mancanegara.

BACA JUGA:Selain Bermain Air, 5 Aktivitas Ini Bisa Kamu Coba Jika Berada di Pantai Parangtritis Yogyakarta

4.Gunung Lawu, Jawa Tengah dan Jawa Timur

Gunung Lawu adalah gunung yang dapat dicapai dari dua provinsi, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Terdapat beberapa jalur pendakian yang dapat dipilih, termasuk jalur pendakian dari Cemoro Kandang di Jawa Timur yang relatif mudah.

Puncak Gunung Lawu menawarkan panorama alam yang indah dan candi kuno yang menarik.

5.Gunung Gede, Jawa Barat

Gunung Gede adalah salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian sekitar 2.958 meter di atas permukaan laut. Terdapat jalur pendakian yang terawat dengan baik, seperti melalui Cibodas di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Pendakian ini cocok bagi pemula yang memiliki tingkat kebugaran yang baik. Puncak Gunung Gede menawarkan pemandangan alam yang memukau dan danau kawah yang indah

6. Gunung Penanggungan, Jawa Timur

Gunung untuk pendaki pemula yang pertama terletak di antara dua kabupaten Jawa Timur yaitu Mojokerto dan Pasuruan. Gunung Penanggungan masuk dalam kriteria gunung yang cocok untuk para pendaki pemula.

Meskipun hanya memiliki ketinggian 1.653 meter, tapi gunung ini tetap menghadirkan sensasi mendaki yang melelahkan dan menantang. Gunung Penanggungan memiliki puncak yang cukup luas. Kita juga akan disuguhkan dengan panorama gunung Arjuna-Welirang yang masih dalam satu kawasan.

7. Gunung Andong, Jawa Tengah

Berada di kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Gunung Andong menjadi gunung untuk pemula selanjutnya yang direkomendasikan. Gunung ini sangat cocok bagi para pendaki pemula yang ingin merasakan sensasi mendaki gunung dengan kondisi alam yang masih alami.

Tingginya yang hanya mencapai 1.726 meter di atas permukaan laut, sehingga para pendaki hanya membutuhkan waktu 2 hingga 3 jam saja untuk mendaki. Gunung Andong memiliki 4 puncak, yaitu Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Alap-Alap, dan Puncak Andong yang merupakan puncak tertinggi.

Penting untuk selalu melakukan persiapan yang matang sebelum mendaki gunung, termasuk memeriksa kondisi cuaca, membawa perlengkapan yang sesuai, dan mendapatkan informasi terkini tentang rute pendakian. Selalu ingat untuk menjaga keselamatan dan mendaki sesuai dengan kemampuan fisik Anda.

Nah, itulah 7 Rekomendasi gunung yang aman untuk pemula, Selamat Mendaki (*).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber