Situ Sedong: Salah Satu Tempat Surganya Para Pemancing

Situ Sedong: Salah Satu Tempat Surganya Para Pemancing

Situ Sedong: Salah Satu Tempat Surganya Para Pemancing-disway jateng-

DISWAYJATENG.IDSitu Sedong merupakan sebuah situ atau danau buatan yang berfungsi untuk menampung air hujan serta untuk pengairan pertanian yang ada di sekitarnya. Situ ini berada di ketinggian sekitar 300 mdpl sehingga udara yang dirasakan cukup sejuk dan menyegarkan.

Bahkan ditambah lagi panorama alam yang tersaji masih alami, kedalaman dari Situ Sedong sendiri mencapai 5 hingga 10 km dan luasnya yang mencapai 150 hektar.

1. Sejarah Situ Sedong

 

Situ ini memiliki sejarah yang cukup panjang dan tempat ini dulunya bernama Situ Pengasinan yang dibangun pada zaman Kolonial Belanda dan selesai pada 1918. Tujuan dari pembangunan situ tersebut awalnya digunakan untuk pengairan perkebunan tebu milik Pabrik Gula Sindanglaut.

 

Situ Pengasinan atau sekarang lebih dikenal dengan nama Situ Sedong mulai diairi sekitar 1921 dan lambat laut fungsinya bertambah menjadi sumber pengairan pertanian yang ada di sekitar Situ.

 

Dan kini Situ Sedong bukan hanya berfungsi untuk pengairan saja akan tetapi dapat kita jadikan sebagai lokasi wisata untuk menenangkan diri ataupun memancing.

 

2. Memancing

 

Banyak yang bilang jika kita memancing di Situ Sedong Cirebon seperti memancing di kolam ikan, hal tersebut karena sangat mudahnya pancingan mereka menangkap ikan.

 

Ikan air tawar yang mendiami Situ Sedong sangat melimpah dan terdapat spot memancing yang menjadi favorite para mancing mania.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: