Inilah 6 Rekomendasi Makanan Khas Solo yang Bisa Anda Coba Ketika Mengunjungi Kota Solo

Inilah 6 Rekomendasi Makanan Khas Solo yang Bisa Anda Coba Ketika Mengunjungi Kota Solo

Kuliner Khas Solo--

DISWAYJATENG.ID - 6 rekomendasi makanan khas solo yang bisa anda coba ketika anda berada di kota Solo.

1. Timlo Solo

Makanan khas solo yang pertama adalah Timlo solo, makanan ini merupakan sajian yang berisi daging ayam, ati ampela ayam, sosis goreng khas solo. Serta telur pindang khas kedai timlo. Sosis goreng khas Solo ini berbeda dengan sosis lainnya, di mana sosisnya terbuat dari kulit lumpia atau risoles yang dilipat mirip dengan martabak serta digoreng.

Dalam satu lipatan sosis solo yang berisikan daging ayam bagian dada yang disuwir. Setelah itu, gorengan sosis dihidangkan dalam potongan kecil. Sosis inilah yang membedakan makanan solo dengan jenis makanan berkuah lainnya seperti soto serta sup.

Timlo khas Solo ini punya tampilan mirip sup. Kuahnya segar dengan perpaduan bumbu yang pas, membuat makanan ini enak untuk dimakan.

2. Sate Buntel

Sate buntel merupakan sate yang terbuat dari daging kambing yang sudah dicacah kemudian dibungkus dengan menggunakan lapisan lemak tipis, setelah itu baru dibakar.

Dengan bumbu kecap, irisan bawang merah dan daun kol, serta jeruk nipis dan cabai rawit sebagai tambahan. Sate buntel merupakan salah satu menu di warung sate di Kota Solo.

3. Brambang Asem

Makanan khas solo selanjutnya adalah brambang asem. Brambang Asem adalah jenis makanan yang terbuat dari daun ubi jalar yang kemudian direbus. Brambang asem memiliki rasa pedas yang ditimbulkan dari aroma bawang merah dan biasanya disantap bersama dengan tempe gembus.

Tempe gembus sendiri merupakan tempe yang menggunakan ampas tahu sebagai bahan dasarnya. Makanan berbahan dasar tempe gembus ini merupakan hidangan khas Kota Solo. Sehingga kurang lengkap jika datang ke Solo tidak mencicipinya.

4. Tahu Kupat Solo

Makanan khas solo yang keempat ada Tahu kupat Solo. Makanan ini adalah makanan yang terdiri dari ketupat, mie basah, tauge, tahu goreng hangat, bakwan goreng yang sudah dipotong serta taburan kacang goreng. Macam-macam bahan-bahan tersebut kemudian dihidangkan bersama dengan bumbu kecap manis encer ditambah rasa bawang dan taburan bawang goreng.

Tahu kupat khas solo ini akan terasa kurang lengkap tanpa tambahan telur dadar dan ditemani kerupuk. Jika anda penyuka makanan pedas, sajian ini bisa dipesan dalam rasa pedas dengan menambahkan ulekan cabai rawit merah ke dalamnya.

5. Serabi Notosuman

Selanjutnya ada Serabi notosuman. Serabi ini berbeda dengan serabi kebanyakan. Serabi notosuman dihidangkan tanpa adanya kuah manis serta memiliki bentuk tipis sehingga rasa santannya sangat pekat.

Dinamai Serabi Notosuman karena makanan khas Solo ini berkembang dengan pesat di daerah Notosuman sejak tahun 1926. Ada banyak penjual serabi yang mengembangkan usaha awalnya di daerah Notosuman, sehingga nama inipun diadopsi menjadi nama makanan khas Solo.

6. Nasi Liwet Solo

Dan yang terakhir ada Nasi liwet Solo. Terdiri dari nasi gurih yang dipadukan bersama sayuran jipang, telur, daging ayam, santan kenal, opor serta beberapa bahan makanan lain. Nasi liwet disajikan dengan menggunakan daun pisang.

Cara penyajian Nasi Liwet ini unik karena daun pisangnya ditekuk serta disematkan menggunakan lidi agar berbentuk seperti kerucut. Masyarakat disebut dengan pincukan.

Anda bisa datang ke daerah mangkunegaran, disana banyak sekali penjual nasi liwet. Kota Solo identik dengan makanan yang satu ini. Rekomendasi makanan Khas Solo ini bisa ditemui hampir di setiap sudut kota tersebut.

Itulah 6 makanan khas Solo yang bisa anda coba ketika anda berada di kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: