6 Kuliner yang Bisa Kalian Coba Ketika Berkunjung ke Jawa Timur

6 Kuliner yang Bisa Kalian Coba Ketika Berkunjung ke Jawa Timur

6 Kuliner yang Bisa Kalian Coba Ketika Berkunjung ke Jawa Timur-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID Jawa Timur memiliki banyak wisata dan kuliner yang bisa kita coba ketika pergi ke Jawa Timur. Selain kita kenal punya banyak destinasi wisata alam ternyata juga memiliki kekayaan kuliner yang wajib kita eksplorasi.

Kuliner makanan khas Jawa Timur khas dengan cita rasa gurih dan pedas, terasa begitu nikmat menggoyang lidah. Berikut kita akan membahas 6 kuliner yang bisa kalian coba ketika berkunjung ke Provinsi Jawa Timur, antara lain:

 

1.Sate Madura

Walaupun ada banyak variasi sate, tapi untuk sate madura ini tak perlu kita ragukan lagi kelezatannya. Makanan ini  sangat terkenal dan kalian bisa menemukan sate madura pada berbagai wilayah Indonesia khususnya Daerah Madura

Sate madura terbuat dari daging ayam atau kambing, lalu kita siram dengan saus kacang dan kecap. Perpaduan rasa manis gurih sehingga membuat siapa pun pasti ketagihan dengan rasanya.

Sate madura biasa kita sajikan dengan lontong, tapi kalian juga bisa menyantapnya dengan nasi putih.

 

2.Pecel Tumpang

Salah satu kuliner makanan khas Jawa Timur yaitu pecel tumpang, sekilas pecel tumpang mirip dengan pecel madiun. Kedua makanan ini sama-sama terdiri dari aneka sayuran yang menjadi pembedanya adalah cara penyajiannya.

Sajian ini kita siram dengan sambal tumpang yang terbuat dari tempe busuk, rasanya unik dan ada sensasi manis, pedas, gurih, dan nutty. Aromanya juga cukup kuat, sehingga agak sulit untuk sebagian orang.

Makanan ini juga ada yang menyukainya, tapi ada juga yang kurang suka dengan rasanya yang berbeda. Untuk kalian yang ingin mencobanya makanan ini berada pada daerah  Kediri, Jawa Timur. 

 

BACA JUGA:Ini Dia Beberapa Kuliner Tradisional yang Berbahan Jagung AS, No 2 Kalian Pasti Suka!

 

3.Rujak Soto

Makanan khas Banyuwangi Jawa Timur ini adalah perpaduan antara rujak dan soto kuning. Rujak petis dengan rasa terasi yang khas dan kuah soto kuning gurih menghasilkan kombinasi rasa yang cukup unik dan enak.

Makanan ini sangat cocok untuk kalian nikmati dengan keluarga ketika berada pada daerah Jawa Timur.

 

4.Nasi Krawu

Kuliner makanan khas Jawa Timur yang satu ini kerap menjadi hidangan favorit para pendatang karena kelezatannya tang tak tertandingi. Pada makanan ini isiannya ada nasi pulen yang terbungkus dengan daun pisang dan berlokasi pada daerah Gresik Jawa Timur.

Sedangkan untuk lauknya kalian bisa memilih sesuai selera kalian, mulai dari suwiran daging sapi, jeroan sapi, atau campuran dari keduanya. Rasanya akan semakin sempurna dengan tambahan sambal dan serundeng pada atas nasi krawu.

 

5.Rujak Cingur

Rujak khas Kota Surabaya ini terdiri dari berbagai jenis sayuran dan buah. Seperti krai, taoge, kangkung, kacang panjang, nanas, kedondong dll. Bahannya akan kita padukan dengan tempe, tahu, lontong, hingga cingur alias hidung sapi yang jadi ciri khasnya. 

Akan tetapi biasanya para penjual rujak cingur mengolah bumbu kacang dan petis untuk rujak dalam cobek batu berukuran besar. Dan seluruh bahan tadi kita letakkan pada tengah dan aduk hingga tercampur rata.

 

6.Soto

Soto khas Jawa Timur biasanya berkuah bening dan tidak menggunakan santan seperti halnya soto tangkar betawi. Akan tetapi rasanya tetap nikmat dan khas dengan bumbu yang terdiri dari berbagai bumbu-bumbu.

Seperti ketumbar, jinten, serai, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, merica, garam, dan kemiri, serta bawang goreng sebagai pelengkap.

 

Demikian pembahasan kita mengenai 6 kuliner yang ada pada daerah Jawa Timur, semoga bisa bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: