Kenali Faktor dan Gejala Kesehatan Mental Terganggu dari Sudut Pandang Biologis!

Kenali Faktor dan Gejala Kesehatan Mental Terganggu dari Sudut Pandang Biologis!

Kenali Faktor dan Gejala Kesehatan Mental Terganggu dari Sudut Pandang Biologis!-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID - Kenali Faktor dan Gejala Kesehatan Mental Terganggu dari Sudut Pandang Biologis! Pastinya kita harus kenal dan pelajari berikut ini.

 

BACA JUGA:Faktor-Faktor Kesehatan Mental Terganggu dari Sudut Pandang Sosial Budaya

Kesehatan mental adalah kesehatan yang seseorang miliki dan terbentuk atau terbuat oleh keadaan atau peristiwa yang kita alami. Jika peristiwanya menyenangkan maka kesehatan mental terjaga dengan baik, tetapi jika tidak menyenangkan dan memunculkan trauma maka kesehatan mental terganggu.

Pada dasarnya, kesehatan manusia selalu berhubungan dengan kesehatan rohani dan kesehatan jasmani, kedua kesehatan saling memberikan pengaruh satu sama lain. Kesehatan mental dari kacamata biologis terdiri dari otak, sistem endokrin, keturunan (genetik), alat menangkap rangsangan, dan faktor ibu selama kehamilan.

 

a. Otak

Neuron menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan dalam kesehatan mental. Karena neuron merupakan saluran yang berfungsi untuk menyampaikan sinyal emosi, materi intelegensi, dan rasa (afeksi).

 

Neuron sangat berpengaruh dalam semua kegiatan manusia, seperti mengingat, emosi, merasakan sesuatu, dan lain-lain. Dengan demikian, instruksi-instruksi organ tubuh manusia yang otak berikan neuronlah yang menentukannya.

Jika neuron tidak berfungsi dengan baik maka kita tidak bisa menggunakan anggota tubuh dengan maksimal dan bisa menyebabkan gangguan mental.

 

b. Sistem endokrin

Kelenjar endokrin adalah kelenjar yang mengeluarkan hormon, hormon ini keluar ke seluruh tubuh melalui darah. Kelenjar endokrin harus terjaga dengan baik supaya tidak terjadi gangguan mental.

 

c. Keturunan atau genetik

Faktor genetik bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan mental pada seseorang. Hal ini karena adanya anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit yang sama.

 

d. Alat penangkap rangsangan

Gangguan yang terjadi pada alat penangkap rangsangan ini ada yang terjadi sejak lahir, tetapi ada juga yang terjadi karena kecelakaan. Gangguan bisa terjadi pada alat penangkap rangsangan yang meliputi pendengaran, penglihatan, perabaan, pengecapan, dan penciuman.

 

Gejala-Gejala Kesehatan Mental Terganggu

Setiap orang memiliki kecenderungan terkena gangguan mental. Oleh karena itu, kenali gejala-gejala gangguan mental sebagai berikut.

 

 

• Kemampuan berkonsentrasi berkurang bahkan menghilang.

• Rasa takut, khawatir, dan rasa bersalah yang berlebihan.

• Tidak bisa mengendalikan stres dengan baik.

• Ketika marah cenderung ingin melakukan kekerasan.

• Punya keinginan untuk menyakiti diri sendiri.

• Tidak ingin berinteraksi sosial.

• Tidak bisa “berdamai dengan masa lalu”. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: