5 Penyebab Munculnya Milia, Nomor 1 Perlu Anda Ketahui!

5 Penyebab Munculnya Milia, Nomor 1 Perlu Anda Ketahui!

Penyebab Milia-pexel.s-

DISWAY JATENG - 5 Penyebab Munculnya Milia yang perlu anda ketahui agar dapat menghindari pertumbuhan milia.

Milia merupakan masalah kulit yang cukup umum dan banyak alami oleh perempuan. Bukan tanpa alasan, milia ini terjadi karena dipicu oleh beberapa hal, misalkan paparan sinar matahari dan penggunaan produk perawatan kulit tertentu.

Melansir dari Healthline, milia dapat terjadi akibat kulit kehilangan kemampuannya untuk mengeksfoliasi. Umumnya, milia dapat dengan mudah terdeteksi oleh dokter kulit apabila tampak begitu jelas. Namun, pada kasus tertentu memerlukan biopsilesi kulit.

BACA JUGA:8 Masker Wajah Alami untuk Menghilangkan Milia

Untuk mencari tahu informasi lebih lanjut tentang penyebab munculnya milia, simak informasi berikut yang kami lansir dari popbela.

5 Penyebab Munculnya Milia 

1. Terpapar oleh sinar matahari

Saat Wajah terpapar sinar matahari yang berlebihan, tak hanya akan memicu timbulnya kemerahan serta hiperpigmentasi pada kulit, tetapi juga milia. Hal ini terjadi karena pada
sel-sel kulit yang telah mati terperangkap sehingga membentuk milia.

Agar terhindar dari milia akibat paparan sinar matahari, lindungi kulitmu dengan memakai  tabir surya dengan minimal SPF 30 dan pakai ulang tabir surya setiap dua jam sekali.

Selain itu, kamu juga bisa memberi perlindungan ekstra pada kulit dengan menggunakan topi selama berada di luar ruangan, terutama bawah matahari.

2. Penggunaan produk-produk tertentu

Milia juga bisa disebabkan oleh penggunaan produk tertentu. Produk yang dimaksud adalah petroleum jelly dan krim steroid.

Petroleum jelly mampu melembapkan kulit ini ternyata memicu kemunculan milia. Sebab, petroleum jelly ini membuat sel-sel kulit mati terperangkap dalam kulit.

Sedangkan, krim steroid jika menggunakannya dalam jangka waktu yang cukup lama juga dapat memicu milia. Alih-alih menggunakan krim steroid untuk atasi peradangan kulit, anda bisa menggunakan krim alternatif dengan fungsi yang sama.

3. Produk perawatan kulit yang tidak terserap maksimal

Anda tahu tidak apabila produk perawatan kulit yang kamu aplikasikan tidak menyerap dengan maksimal ini memicu timbulnya milia? Untuk itu, sangat penting memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Selain itu, anda juga kami sarankan untuk mengaplikasikan produk perawatan kulit berdasarkan tekstur masing-masing produk.

4. Penggunaan alat dermabrasi

Dermabrasi adalah prosedur perawatan kulit bertujuan atasi beragam permasalahan kulit. mulai dari mengatasi kemerahan, jerawat, bekas luka, garis halus,  hingga warna kulit yang tidak merata.

Namun, penggunaan alat dermabrasi bisa memberi efek samping, yakni memicu timbulnya milia. Kabar baiknya, masalah tersebut bisa terjadi apabila ada ketidaktepatan dalam penggunaan alat dermabrasi ini.

5. Gen

Untuk satu ini, faktor yang lumayan sulit dihindari yaitu milia juga bisa terjadi lantaran ada anggota keluarga dengan riwayat masalah kesehatan kulit yang satu ini.

Meskipun sulit untuk dihindari/dicegah, kehadiran milia dapat anda minimalisir dengan penggunaan tabir surya serta produk perawatan kulit lain dengan tepat.

 

Itulah 5 Penyebab Munculnya Milia yang Perlu Kamu Ketahui. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mencegah hadirnya milia pada kulit. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: penyebab milia