Destinasi Religi dengan Mengunjungi 10 Masjid Tertua di Indonesia, Apa Saja?

Destinasi Religi dengan Mengunjungi 10 Masjid Tertua di Indonesia, Apa Saja?

--

DISWAYJATENG.ID - Masjid tertua di Indonesia mempunyai sejarah panjang karena terletak di negara yang kaya akan budaya dan agama. Sebagai salah satu negara dengan penduduk islam terbanyak di dunia, dengan sejarah Islamnya yang kaya, memiliki banyak masjid bersejarah yang tersebar di berbagai wilayah. Masjid yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai tempat wisata religi yang wajib anda kunjungi. 

Berikut 10 Masjid tertua di Indonesia beserta sejarah singkatnya yang menarik.

 

1. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang berdiri pada  1477 M oleh Raden fatah, pendiri Kesultanan Demak. Bangunan beribadah ini menjadi pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa pada masa itu dan menjadi salah satu situs bersejarah yang penting.

BACA JUGA:Mengupas Sejarah dan Fakta Unik Masjid Demak yang Jarang Diketahui Banyak Orang

2 . Masjid Ampel

Merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Masjid ini berdiri pada abad ke-15 oleh seorang ulama Arab bernama Syekh Maulana Malik Ibrahim. Sehingga menjadi tempat ziarah yang populer bagi umat Islam dan menjadi salah satu ikon kota Surabaya.

3. Masjid Cheng Ho

Terkenal dengan nama lain sebagai Masjid Sam Poo Kong, merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang berdiri pada awal abad ke-15 oleh seorang tokoh Tionghoa Muslim bernama Admiral Cheng Ho. Oleh karena itu, masjid ini menggabungkan unsur-unsur arsitektur Tionghoa dan Islam, menciptakan sebuah situs yang unik dan menarik.

4. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang berdiri pada abad ke-16 oleh Sultan Maulana Hasanuddin. Sehingga masjid ini menjadi pusat keagamaan dan politik Kesultanan Banten pada masa itu dan masih menjadi landmark bersejarah yang penting hingga saat ini.

5. Masjid Ganting

Masjid Ganting, yang terletak di Kabupaten Aceh Besar, Aceh, merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang berdiri pada abad ke-14. Oleh karena itu bangunan ini merupakan salah satu contoh arsitektur tradisional Aceh yang indah dan menjadi bagian dari Warisan Dunia UNESCO.

6. Masjid Jami' Kota Tua

Masjid Jami' Kota Tua, juga terkenal sebagai Masjid Fatahillah, merupakan salah satu masjid tertua di Jakarta yang berdiri pada abad ke-17. Bangunan dengan contoh arsitektur masjid tradisional Betawi yang masih berdiri kokoh di tengah perkembangan modern Kota Tua Jakarta.

BACA JUGA: masjid unik di jawa beribadah sambil berlibur

7. Masjid Raya Medan

Merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang berdiri pada awal abad ke-20. Masjid ini memiliki arsitektur yang indah dengan sentuhan corak budaya Melayu, Arab, dan India. Bangunan beribadah ini merupakan salah satu landmark penting di kota Medan.

8. Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang berdiri pada abad ke-18 oleh Sultan Mahmud Badaruddin I. Sehingga bangunan ini memiliki arsitektur yang megah dengan sentuhan corak budaya Melayu dan Tionghoa.

9. Masjid Sultan Baabullah

Masjid Sultan Baabullah merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang terletak di Pulau Ternate, Maluku Utara. Bangunan beribadah ini berdiri pada awal abad ke-15 dan menjadi pusat kegiatan keagamaan di Ternate.

10. Masjid Agung Makassar

Masjid Agung Makassar, juga terkenal sebagai Masjid Raya Makassar, merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang berdiri pada awal abad ke-17. Sehingga bangunan ini memiliki arsitektur yang megah dengan pengaruh corak budaya Arab dan Tionghoa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: