Beberapa Tempat Bersejarah yang Harus Kalian Kunjungi Saat Traveling!

Beberapa Tempat Bersejarah yang Harus Kalian Kunjungi Saat Traveling!

Beberapa Tempat Bersejarah yang Harus Kalian Kunjungi Saat Traveling!-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID Traveling adalah segala sesuatu yang kita lakukan mengunjungi suatu tempat yang jauh dan mempunya daya tarik kita sebut traveling. Kita bisa menghabiskan waaktu bersama keluarga maupun pasangan untuk akhir pekan maupun menghilangkan penat setalah kerja seharian.

 

Ketika kita melakukan traveling pasti akan banyak menemukan tempat yang bisa kita kunjungi, bahkan bukan hanya untuk liburan saja. Akan tetapi kita bisa mendapatkan berbagai ilmu bersejarah jika kita mengunjungi berbagai tempat yang mengandung unsur sejarah.

 

BACA JUGA:Ini Dia 3 Musium yang Bernuansa Religi dan Sejarahnya!

 

Traveling juga sangat bermanfaat bagi tubuh kalian karena akan membantu agar tetap fokus dan menyegarkan otak kalian. Mungkin karena faktor pekerjaan yang menghambat pikiran kalian kurang fokus, akan tetapi dengan berliburan mengisi sel0sel otak agar kembali berkonsentrasi.

 

Kali ini kita akan membahas beberapa tempat yang bisa kalian kunnjungi ketika traveling dan menambah ilmu sejarah kalian, antaranya:

 

1. Musium Islam Indonesia K.H Hasyim Asy’ari

Tempat ini teresmikan pada 18 Desember 2018 oleh Bapak Ir. Joko Widodo. Serta  pemotongan pita oleh pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng KH Abdul Hakim Mahfudz.

Musium Islam Indonesia K.H Hasyim Asy'ari daerah Jombang ini menyimpan sejumlah naskah. Seperti beberapa artefak, dan kitab kuno Islam yang tersedia pada tempat ini.

Museum yang berada pada lingkungan Pesantren Tebuireng ini menyajikan berbagai informasi dan koleksi.  Seperti menggambarkan perjalanan dan perkembangan Islam pada seluruh wilayah nusantara dan menjunjung tinggi nilai toleransi, gotong-royong, menghormati kebhinekaan dan inklusif.
Sehingga dapat menjadi inspirasi terlebih khususnya bagi generasi muda untuk melanjutkan estafet pembangunan bangsa Indonesia mendatang.

 

2. Indonesian Islamic Art

Musium pada daerah Lamongan adalah museum seni Islam pertama pada Indonesi dan kita bisa belajar teknologi Augmented Reality. Musium ini lebih tepatnya berada pada Jl. Raya Paciran Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Pada ruangan musium ini ada 3 zona utama zona audio visual, zona galeri peninggalan kerajaan Islam dunia, dan zona diorama. Zona audio visual untuk menonton film tentang sejarah  seperti tentang peradaban Islam dan memiliki area photo shot dengan minilatur tiga dimensi.

Seperti masjid dan kapal cheng ho, masjid agung banten, toko persia, toko klontong dan masih banyak lainnya. Zona galeri peninggalalan islam tidak hanya menyajikan benda-benda bersejarah dari kerajaan Islam Indonesia.

Musium ini juga menyajikan artefak-artefak dari berbagai kerajaan yang ada pada luar negeri. Seperti peninggalan Ottoman Turkey, Mughal India (Taj Mahal), dinasti -dinasti China dll.

 

3. Galeri Rasulullah dan Museum Al Jabbar

Tempat ini baru buka pada 27 Maret 2023 bersamaan dengan peresmian Masjid Al Jabbar pada daerah Gedebage, Bandung Jawa Barat. Proses peresmian langsung oleh Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan kamil serta kepala dinas parawisata dan kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Galeri Rasulullah SAW ini berisi berbagai materi tentang perkembangan Islam, mulai dari gambaran Jazirah Arab. Serta penyebar luasan agama Islam yang ada pada Indonesia khusunya yang berada pada daerah Jawa Barat.

Serta tempat ini mempunyai banyak materi mulai dari sejarah zaman jahiliyah, kelahiran Rasulullah SAW ketika tahun gajah dan seterusnya. Namun jika kalian ingin berkunjung ketempat ini kalian harus berhati-hati dan menjaga adab karena berisi peninggalan yang sangat penting.

Dan dalam seharinya juga tempat ini mempunyai batasan seperti hanya 120 orang saja perharinya.

 

Demikian pembahasan kita mengenai berbagai tempat sejarah yang bisa kalian kunjungi ketika traveling, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: