7 Pasang Tanaman yang Tidak Cocok Anda Tanam Bersama, Apa Saja dan Mengapa?

7 Pasang Tanaman yang Tidak Cocok Anda Tanam Bersama, Apa Saja dan Mengapa?

Ada beberapa tanaman yang sebaiknya tidak anda tanam bersama--

DISWAYJATENG – Banyak tanaman yang tidak cocok jika anda tanam bersama. Tidak semua tanaman bersama bagus untuk keduanya. tanaman bersama dapat  mengendalikan hama secara alami. Selain itu juga dapat mendorong pertumbuhan sayuran, rempah-rempah dan bunga.

Meskipun metode seperti ini sangat berguna, ternyata tidak semua tanaman bisa menjadi mitra yang baik pada kebun anda. Ada beberapa tanaman yang tidak bagus untuk anda tanam bersama.

Mengapa bisa demikian? Tanaman pendamping yang buruk bisa menekan pertumbuhan tanaman tetangganya. Bersaing satu sama lain dalam mendapatkan cahaya dan nutrisi.

Bagi anda yang hobi berkebun, sebaiknya anda harus mengetahui tanaman apa saja yang sekiranya cocok anda tanam bersama. Kali ini kita akan mengulas tentang jenis tanaman yang sebaiknya jangan anda tanam bersama.

1. Brasika dengan Strowberi

Brasika, termasuk juga kubis, brokoli dan brussel sprout sering menjadi sasaran hama yang dapat membuat daunnya berlubang. Sayangnya, serangga pengganggu ini tidak pilih-pilih makanan serta juga dapat melahap tanaman buah dan sayuran lainnya.

Strowberi yang anda tanam dekat tanaman brasika jauh lebih mungin untuk mengembangkan serangan hama. Jadi saat anda mencari tempat untuk menanan strowberi sebaiknya hindari bersama brasika.

2. Mentimun dan Sage

Beberapa herba aromatic seperti adas manis dan oregano dapat memberikan banyak perlindungan terhadap hama pada tanaman mentimun. Namun, tidak semua herba cocok dengan mentimun.

Contohnya sage, dapat membatasi mentimun tumbuh dan juga mengurangi hasil panen.

Selain daripada itu, mentimun dan sage memiliki kebutuhan penyiraman yang berbeda. Ketika anda menanamnya pada area yang sama, seringkali akan menghasilkan sage yang teralu banyak air atau mentimun yang kurang air.

3.Adas dan sebagian besar herbal maupun sayuran

Adas merupakan salah satu tanaman yang paling sulit untuk anda kerjakan, karena adas tidak tumbuh dengan baik jika kebanyakan tanaman.

Pada saat tunbuh, adas melepaskan senyawa ke dalam tanah yang dapat menekan pertumbuhan tanaman herbal. Begitu juga dengan tanaman sayuran yang ada pada sekitarnya.

Adas  juga dapat melakukan penyerbukan silang dengan tanaman terkait lainnya sehinga mengurangi rasa dan kualitas biji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: