Mengapa Uban Muncul di Usia Muda? Penyebab dan Faktor yang Memengaruhinya

Mengapa Uban Muncul di Usia Muda? Penyebab dan Faktor yang Memengaruhinya

--

DISWAYJATENG.ID - Uban merupakan rambut yang kehilangan pigmen melanin, sehingga berwarna putih atau abu-abu. Biasanya, Uban muncul secara alami seiring dengan pertambahan usia, tetapi ada beberapa individu yang mengalami munculnya Uban di usia yang relatif muda. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa penyebab dan faktor yang dapat memengaruhi munculnya Uban di usia muda.

1. Faktor genetik

Salah satu penyebab utama munculnya uban di usia muda adalah faktor genetik.

Kondisi ini terkenal sebagai "canities" atau uban prematur.

Sehingga jika salah satu atau kedua orang tua anda memiliki riwayat uban dini, kemungkinan anda juga mengalaminya. Oleh karena itu faktor genetik dapat memengaruhi produksi melanin dalam folikel rambut, yang dapat menyebabkan uban muncul lebih awal.

2. Stres dan kecemasan

Stres kronis dan kecemasan yang tinggi dapat menjadi faktor pemicu munculnya uban di usia muda.

Ketika seseorang mengalami stres, tubuh menghasilkan hormon stres yang dapat mengganggu siklus pertumbuhan rambut normal.

Kondisi ini dapat mempengaruhi pigmen rambut dan menyebabkan rambut beruban lebih cepat.

3. Kekurangan nutrisi

Kekurangan nutrisi tertentu, seperti vitamin B12, vitamin E, dan mineral tembaga, dapat mempengaruhi produksi melanin dalam folikel rambut.

Diet yang tidak seimbang atau kurang nutrisi dapat menyebabkan rambut beruban lebih awal.

sehingga penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang serta memperhatikan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan rambut.

4. Gangguan kesehatan

Beberapa kondisi kesehatan tertentu, seperti alopecia areata (kehilangan rambut secara tiba-tiba), tiroid, vitiligo, dan sindrom Down, dapat berhubungan dengan munculnya uban di usia muda.

Kondisi ini memengaruhi keseimbangan pigmen rambut dan dapat menyebabkan rambut beruban lebih awal.

5. Paparan Bahan Kimia dan Sinar Ultraviolet (UV)

Paparan bahan kimia seperti pewarna rambut yang keras atau penggunaan produk perawatan rambut yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut dan memengaruhi produksi melanin.

Selain itu, paparan sinar UV yang berlebihan dari sinar matahari juga dapat menyebabkan kerusakan pada pigmen rambut dan mempercepat munculnya uban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: