Tips Memilih Kepiting yang Segar dan Enak, Dagingnya Padat

Tips Memilih Kepiting yang Segar dan Enak, Dagingnya Padat

Kepiting segar akan lebih lezat menjadi olahan--

DISWAYJATENG – Kepiting padat dagingnya banyak telur sangat nikmat dan lezat sekali untuk kita santap. Kepiting adalah salah satu makanan laut favorit kebanyakan orang. Namun, tidak sedikit yang merasa kesulitan  untuk memilih kepiting segar dan berdaging tebal.

Memilih kepiting bukan hanya perkara ukurannya saja. Ada beberapa factor yang perlu anda perhatikan untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Cara Memilih Kepiting Telur

1.       Pergerakan

Kita pasti lebih memilih kepiting yang masih hidup dari pada yang sudah mati. Anda bisa memilih kepiting yang pergerakannya masih agresif. Kepiting yang agresif dan melawan saat kita sentuh menandakan stamina masih bagus, sehat dan juga segar.

2.       Warna

Hindari memilih warna yang terang dan mengkilap. Pilihlah dengan cangkang yang berwarna kusam dan tergores. Warna cangkang kusan dan bergores menunjukkan siap ganti kulit dan punya daging yang padat.

3.       Periksa matanya

Pilihlah yang kedua matanya masih utuh dan bergerak. Mata yang masih sehat menandakan kepiting tersebut masih segar.

4.       Tekan bagian siku

Coba anda tekan bagian sikunya. Kepiting memiliki bagian siku yang lembut. Jika bagian tersebut anda tekan dan kembali seperti semula, itu menandakan daging yang ada berisi penuh.

5.       Periksa capitnya

Tanda kepiting dewasa adalah capit yang besar dan dia gunakan dengan baik. Periksalah capit bagian kanan yang biasanya dia gunakan untuk menyerang mangsa, apakah bergigi, tumpul atau tajam.

6.       Periksa badan bagian bawah

Periksa badan bagian bawah atau perut untuk memilih jantan atau betina. Jika bagaian perut menunjukkan alur membentuk segitiga dan runcing, maka itu jantan. Jika cenderung membulat, artinya itu betina. Selain itu, coba anda tekan perutnya. Jika keras, kepiting tersebut punya daging yang padat. Sebaliknya, jika anda tekan terasa kopong dan tidak kembali semula maka dagingnya sedikit.

BACA JUGA:Resep Membuat Sambil Terasi, antigagal!

7.       Aroma

Kepiting yang segar tidak memiliki bau. Hindari membelinya dengan aroma yang tidak sedap atau amis. Selain itu, hindari juga membelinya yang berbau ammonia.

Nah, itulah beberapa tips memilih kepiting segar dengan kualitas terbaik. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: