Wagub Taj Yasin Minta Integrasi Antar Rumah Sakit Dioptimalkan untuk Permudah Layanan Rujukan

Wagub Taj Yasin Minta Integrasi Antar Rumah Sakit Dioptimalkan untuk  Permudah Layanan Rujukan

--

SUKOHARJO (DiswayJateng) - Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, meminta integrasi antar rumah sakit lebih dioptimalkan. Hal itu, ia sampaikan saat membuka Rapat Kerja Kesehatan Daerah 2023 di Hotel Grand Mercure Solo Baru, Sukoharjo, Rabu (29/03/2023). Menurutnya, integrasi harus dilakukan secara menyeluruh mulai dari rumah sakit milik pemerintah pusat sampai ke tingkat kabupaten/kota. 
 
"Supaya ketika masyarakat mendapatkan rujukan, itu ada kepastian yang langsung ketika datang ke rumah sakit rujukan," kata Taj Yasin, usai membuka acara.
 
Taj Yasin menambahkan, selain integrasi antar rumah sakit, sistem digitalisasi layanan juga perlu ditingkatkan. Menurutnya, layanan digital ini dapat memudahkan masyarakat mengakses informasi kesehatan.
 
Di sisi lain, wagub meminta agar bagian hubungan masyarakat rumah sakit terus menyosialisasikan program-program di rumah sakit. Termasuk, lanjutnya, digitalisasi rumah sakit. Agar, masyarakat semakin paham cara menggunakannya mulai dari pendaftaran berobat.
 
"Jadi masyarakat itu sudah dikasih tau ada aplikasinya, tapi mereka masih nggak manteb kalau nggak dateng ke rumah sakit. Nah seperti ini yang harus kita edukasi kepada masyarakat. Untuk memudahkan, harus disampaikan kalau datang ke rumah sakit belum ada janjian dari rumah sakit tentu itu akan sia-sia," papar wagub.
 
Menambahkan, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yunita Dyah Suminar, mengatakan Rakerkesda 2023 ini dilaksanakan pada hari rabu hingga hari jumat besok. Jumlah peserta yang mengikuti rakerkesda ini, lanjut Yunita, sebanyak 300 orang peserta.
 
Dalam rapat kerja, para peserta akan mendiskusikan berbagai hal mengenai persoalan kesehatan di Jateng, seperti kesiapan rumah sakit di Jawa Tengah dalam mentransformasi layanan rujukan dan peta jalan digitalisasi rumah sakit. Selain itu juga akan dibahas mengenai penajaman rencana aksi penguatan transformasi layanan rujukan di jateng serta akselerasi dan harmonisasi peran dan fungsi dinas kesehatan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: