Tingkatkan Kompetensi, Personil Laboratorium DLH Kabupaten Tegal Digembleng

Tingkatkan Kompetensi, Personil Laboratorium DLH Kabupaten Tegal Digembleng

Kepala UPTD laboratorium DLH Kabupaten Tegal berbaurd alam pelatihan penerapan K3 laboratorium.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI  (Disway Jateng) -  Dalam rangka meningkatkan kompetensi personil Laboratorium Lingkungan sesuaidengan SNI/IEC 17025:2017, serta memenuhi kualifikasi personil sesuai dengan Peraturan Menteri LHK P.23 Tahun 2020 Tentang Laboratorium Lingkungan, DLH Kabupaten Tegal mengirimkan kepala UPTD Laboratorium mengikuti kegiatan tersebut.

 

Kepala DLH , Muchtar Mawardi SKM , MKes melalui Kepala UPTD Laboratorium Eni Kusrini  menyatakan, kali ini BPL2H DLHK Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan PT. Lab Mania Indonesia mengundang personil Laboratorium Lingkungan Kab dan Kota Provinsi Jawa Tengah yang sudah terakreditasi untuk mengikuti Pelatihan Penerapan K3 (Keselamatan Dan Kesehatan Kerja) Laboratorium.

 

"Pelatihan ini sangat penting bagi kami yang baru saja mendapatkan akreditasi dalam pengelomaan laboratorium lingkungan hidup," ujarnya Rabu 15 Maret 2023.

 

Pihaknya menegaskan dalam  upaya peningkatan untuk membentuk suatu laboratorium lingkungan yang kompeten dibutuhkan kerja keras, kerjasama dan komitmen dari para pemangku kepentingan, dalam bentuk penyediaan sumber daya manusia, pembinaan maupun dukungan dana.

 

"Pada umumnya tujuan penerapan K3 adalah untuk memberikan perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja. Tujuan lainnya untuk mencegah dan mengurangi risiko kecelakaan kerja atau penyakit yang diakibatkan aktivitas pekerjaan. Oleh karena itu, penerapan K3 ini akan sangat bermanfaat bagi para petugas. Memberikan jaminan agar pegawai memperoleh rasa aman dan nyaman dalam bekerja," cetusnya. 

 

Adapun manfaat manajemen K3 laboratorium diantaranya menjaga keselamatan, kesehatan, dan juga kesejahteraan individu yang bekerja di dalam laboratorium.

 

"Mencegah pihak lain baik individu maupun kelompok, terkena risiko atau terganggu kondisi kesehatannya, akibat aktivitas di laboratorium," paparnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id