Lama Tunggu Ijin Megawati, Patung Ir. Soekarno di Monumen Juang 45 Baru Diresmikan Setelah Lima Tahun

Lama Tunggu Ijin Megawati, Patung Ir. Soekarno di Monumen Juang 45 Baru Diresmikan Setelah Lima Tahun

Bupati Brebes Idza Priyanti meresmikan patung Ir. Soekarno yang berada di Taman Monumen Juang 45.-Eko Fidiyanto-Radar Brebes

BREBES, (DiswayJateng.id)- Patung Ir. Soekarno yang berada di Taman Monumen Juang 45 Kota Brebes akhirnya diresmikan setelah lima tahun dibangun. Patung Ir. Soekarno diresmikan Bupati Brebes Idza Priyanti bersamaan dengan peresmian diorama perjuangan rakyat Brebes yang berada di dalam Monumen Juang 45. Lamanya proses peresmian ini lantaran harus menunggu restu dari keluarga Ir. Soekarno yakni Megawati Soekarno Putri. 

Saking lamanya, pantauan Radar Brebes, beberapa fasilitas publik di Taman Monumen Juang 45 kini malah sudah mengalami kerusakan. Kerusakan terjadi pada konstruksi bangunan dan fasilitas umum, seperti tempat sampah dan toilet. Banyak juga ditemukan coretan-coretan di tembok bangunan. Minimnya anggaran perawatan menjadi penyebab banyaknya fasilitas di taman tersebut mengalami kerusakan. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Brebes, La Ode Aris Vindar Nugroho mengatakan, lamanya proses peresmian patung Ir. Soekarno tersebut lantaran harus menunggu izin pemerintah pusat dan dari anak Ir. Soekarno, yaitu Megawati Soekarno Putri. Pengajuan izin ini telah dilakukan berkali-kali selama lima tahun sejak dibangunnya patung Ir. Soekarno. "Sekarang baru mendapatkan izin dari anak Ir. Soekarno, yaitu Bu Megawati. Sehingga penandatanganan prasasti peresmian baru dilakukan hari ini," tandasnya. 

Sementara Bupati Idza menuturkan, peresmian patung Ir. Soekarno ini untuk menginspirasi perjuangan Ir. Soekarno dalam mempertahankan kemerdekaan bersama rakyat Indonesia. Peresmian ini juga sebagai motivasi para pelajar agar memiliki semangat kemerdekaan seperti para pendahulunya. Sehingga, dalam peresmian ini Bupati Idza mengundang para pelajar dari sekolah yang ada di Perkotaan Brebes. "Di dalam Monumen Juang ini ada diorama dan juga relief perjuangan rakyat Brebes dalam melawan Belanda. Penggambaran perjuangan ini juga tampilkan dalam bentuk diorama," kata Idza, Rabu (5/10).

Idza melanjutkan, di dalam gedung Monumen Juang 45 ini juga terdapat relief pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Brebes periode 2012-2017 dan periode 2017-2022, yaitu Idza Priyanti dan Narjo. Sementara untuk patung Ir. Soekarno merupakan sebagai simbol dari perjuangan rakyat Indonesia dalam melawan penjajahan. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar brebes