Ratusan THL di Kabupaten Tegal Geruduk Kantor DPRD, Ada Apa?

Ratusan THL di Kabupaten Tegal Geruduk Kantor DPRD, Ada Apa?

GERUDUK - Ratusan tenaga harian lepas mendatangi DPRD Kabupaten Tegal. Foto : Yeri Noveli/Radar Slawi --

Perdebatan antara THL dan BKD terus memanas. Bahkan, seorang THL sempat menggebrak meja Komisi karena tersulut emosi. Kondisi memanas juga terlihat di luar ruangan rapat.

 

Untuk meredam suasana, Ketua Komisi I Sugono memberikan solusi untuk melakukan study banding ke daerah tetangga. Karena di daerah tetangga, para THL sudah masuk ke data base BKN.

 

“Jika daerah tetangga bisa, kenapa Kabupaten Tegal tidak bisa. Makanya, kita kesana hari ini untuk cari solusi,” ujarnya. 

 

Sementara itu, Kepala BKD Kabupaten Tegal Mujahidin menjelaskan, pendataan pegawai non ASN berdasarkan Surat Menpan RB tertanggal 22 Juli 2022.

 

Berdasarkan surat itu, tim melakukan pendataan diperoleh jumlah THL di Kabupaten Tegal sebanyak 7.472 orang.

 

Dari jumlah itu, hanya ada sekitar 2.643 orang yang memenuhi kriteria sesuai dengan surat Menpan RB. Mereka yang belum memenuhi kriteria terganjal syarat mata anggaran yang tidak sesuai dengan kriteria. 

 

“Harusnya mata anggarannya masuk dalam belanja pegawai, tapi rata-rata para THL dibiayai dalam belanja barang dan jasa,” terangnya. 

 

Selain itu, tambah dia, kriteria lainnya yang tidak memenuhi THL, yakni pekerja kebersihan, keamanan dan pengemudi juga tidak bisa masuk. Sebab Menpan RB menilai bahwa pekerjaan itu sudah masuk outsourching. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: