Data Pelanggan Diduga Bocor, Ini Respon PLN

Data Pelanggan Diduga Bocor, Ini Respon PLN

Dugaan kebocoran data terjadi pada PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang membuat data pelanggan terekspos di dunia maya. Ilustrasi: dok PLN--

PLN telah menerapkan keamanan berlapis bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk tindakan pengamanan yang sangat ketat dengan tujuan memperkuat dan melindungi data pelanggan.

 

Gregorius menegaskan sesuai ketentuan yang berlaku, PLN selaku Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) tentu memproses lebih lanjut hal ini dengan dibantu oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

 

"Perseroan menindaklanjuti rekomendasi untuk menyelesaikan investigasi dan langkah-langkah perbaikan bersama, sehingga data pribadi tetap terlindungi," tegas Gregorius.

 

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate meminta PLN membuat laporan dengan mengisi Incident Respons Form terkait dugaan kebocoran 17 juta data pengguna pada lama breached.to yang informasinya tersebar di Twitter pada Jumat  (19/8).

 

Kemenkominfo akan melakukan audit menyeluruh pada teknologi untuk keamanan siber PT PLN.

 

"Jika ternyata benar ditemukan masalah dan terjadi kebocoran data, maka Kementerian Komunikasi dan Informatika akan memberikan rekomendasi dari audit tersebut," tegas Johnny. (jpnn/gun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com