Data Pelanggan Diduga Bocor, Ini Respon PLN

Data Pelanggan Diduga Bocor, Ini Respon PLN

Dugaan kebocoran data terjadi pada PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang membuat data pelanggan terekspos di dunia maya. Ilustrasi: dok PLN--

JAKARTA (DiswayJateng) - Adanya dugaan kebocoran data pelanggan PLN di dunia maya membuat geger warganet.

 

Juru Bicara PLN Gregorius Adi Trianto mengatakan saat ini pihak bergerak cepat melakukan investigasi guna memastikan sistem data base real-time pelanggan aman serta tidak disusupi oleh pihak luar.

 

"Kami terus berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta BSSN untuk menemukan sumber data pelanggan yang beredar di internet sekaligus upaya untuk peningkatan pengamanan," kata Gregorius di Jakarta, Sabtu (20/8).

 

Menurutnya, hingga Sabtu siang PLN telah melalukan pengecekan pusat data utama melalui sistem dari berbagai parameter.

 

"Hasilnya semua dalam kondisi aman," ucapnya.

 

Gregorius menjelaskan melihat beberapa data yang dimunculkan di media sosial, jelas data tersebut merupakan replikasi data pelanggan yang bersifat umum dan tidak spesifik yang disinyalir diambil dari aplikasi dashboard data pelanggan untuk keperluan data analitik.

 

"Data itu bukan merupakan data riil transaksi aktual pelanggan dan tidak update, sehingga diperkirakan tidak berdampak besar bagi pelanggan. Secara umum, pelayanan kelistrikan kepada pelanggan tidak terganggu," kata Gregorius.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com