Awali Masa Panen Tembakau, Ganjar Petik 12 Daun Tembakau di Lereng Sindoro

Awali Masa Panen Tembakau, Ganjar Petik 12 Daun Tembakau di Lereng Sindoro

PANEN - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo panen perdana tembakau di lereng Sindoro.--

TEMANGGUNG (DiswayJateng) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengawali masa panen tembakau masyarakat di Lereng Sindoro dengan prosesi petik 12 daun pertama. Prosesi tersebut dilakukan Ganjar bersama masyarakat Desa Giripurno, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Selasa (9/8).

 

 

"Selalu saja perayaannya seperti itu. Tadi 12 daun yang  dipetik. Ada hitungannya karena Selasa Pahing, jadi 12. 

 

Selasa itu jumlahnya tiga, Pahing itu sembilan. Itu hitung-hitungannya maka jumlahnya 12. Maka kepercayaan yang ada di masyarakat dijadikan simbol-simbol. Ada kan filosofi dari seluruh apa pun yang ada di desa. Menarik kan," kata Ganjar usai prosesi petik tembakau atau Wiwitan Tembakau dan ramah tamah dengan warga di kawasan kebun tembakau Desa Giripurno.

 

 

Ganjar menjelaskan wiwitan tembakau merupakan tradisi di Kabupaten Temanggung. Tradisi ini dilaksanakan setiap tahun, tepatnya untuk mengawali masa panen tembakau. Acara kali ini berlangsung meriah dibandingkan tahun lalu karena sebelumnya terhalang dengan pandemi.

 

 

"Tradisi ini selalu dilaksanakan tiap tahun. Selama pandemi tidak banyak yang bisa melaksanakan tetapi hari ini mereka bisa melaksanakan wiwit, jadi mulai awal panen. Tentu semua berdoa agar hasil panen tembakaunya bagus," jelasnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: