Keren! Inovasi Layanan WhathsApp Disdukcapil Kota Bakal Ditiru Disdukcapil se-Jawa Tengah

Keren! Inovasi Layanan WhathsApp Disdukcapil Kota Bakal Ditiru Disdukcapil se-Jawa Tengah

Disdukcapil se Jawa Tengah foto bersama usai rakor-Meiwan Dani Ristanto-Radar Tegal

TEGAL (Disway Jateng) - Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (DISDUKCAPIL) Se-Jawa Tengah akan meniru inovasi layanan whatshapp Disdukcapil Kota Tegal. Karena layanan tersebut tidak menimbulkan antrian, meskipun saat ini sudah SIAK Terpusat.

 

Hal itu terungkap dalam Rapat Koordinasi Kepala Disdukcapil se Jawa Tengah di Ruang Rapat Disdukcapil Kota Tegal, Jumat (5/8/2022)

 

“Inovasi Disdukcapil selama ini yang sudah berjalan terkendala dengan SIAK terpusat,” kata Kepala Disdukcapil Kota Tegal Basuki. 

 

Sehingga inovasi yang sudah berjalan tidak bisa lagi dilakukan. Dan semua itu harus menunggu dari Kemendagri atau pusat. Termasuk juga dengan Disdukcapil Kota Tegal yang memiliki banyak inovasi. Tetapi karena SIAK terpusat tidak bisa dilakukan. 

 

“Padahal faktanya, dengan SIAK terpusat yang bersentuhan dengan data ke pusat di off kan. Sehingga tidak bisa digunakan, untuk mengantisipasi hal tersebut dan supaya tidak menimbulkan antrian lama, Disdukcapil Kota Tegal mengambil Langkah dengan mengunakan inovasi layanan Whatshap (WA),” ujarnya.


--

Dengan layanan tersebut tidak menimbulkan antrian lama dan warga tidak berbondong-bondong mengurus adminduk. Inovasi WA tersebut hanya untuk layanan data dukung usulan ke operator. Dan nanti operator yang akan melakukan penginputan di system. Berbeda dengan inovasi sebelumnya warga bisa langsung mengiputnya di aplikasi.

 

“Inovasi WA tersebut akan ditiru dan dicoba Disdukcapil se Jawa Tengah dari Kabupaten dan Kota,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar tegal