Perahu Nelayan Cilacap Terbalik, Kerugian Rp2,5 Miliar, Begini Kondisi 10 ABK-nya

Perahu Nelayan Cilacap Terbalik, Kerugian Rp2,5 Miliar, Begini Kondisi 10 ABK-nya

Proses evakuasi ABK oleh relawan Nelayan PPC, Kamis (23/6) malam. (TANGKAPAN LAYAR VIDEO HNSI)--

CILACAP, (DiswayJateng) – Proses penyelamatan 10 Anak Buah Kapal (ABK) sebuah kapal nelayan yang terbalik di perairan Karang Bolong Nusakambangan, Cilacap berlangsung dramatis.

Petugas gabungan dari TNI AL, Basarnas, Polairud dan relawan berjibaku melawan ombak besar untuk menyelamatkan para korban.

Satu per satu ABK yang terombang-ambing di tengah laut akhirnya berhasil dievakuasi ke kapal petugas.

Seluruh ABK pun berhasil diselamatkan selamat. Namun, akibat peristiwa itu, pemilik kapal mengalami kerugian mencapai Rp 2,5 miliar.

Menurut Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Cilacap, Sarjono, ada laporan masuk dari pemilik kapal bahwa 2 kapalnya yang hendak masuk ke Pelabuhan Perikanan Cilacap (PPC) mengalami kendala dan salah satunya terbalik pada Kamis (23/6) sekitar pukul 17.30 WIB.

“Kamis malam sekitar pukul 20.00 ada laporan bahwa 2 kapal-nya mengalami kecelakaan yang satu terbalik dan yang satunya terdampar di perairan Nusakambangan,” jelas Sarjono seperti dilansir radarbanyumas.co.id Jumat (24/6). 

Penyebab terbaliknya kapal diduga karena mesin mati dan juga karena kondisi hujan serta gelap. Sehingga kapal kandas dan terhantam ombak besar hingga akhirnya terbalik. Akibat peristiwa itu, pemilik kapal mengalami kerugian mencapai Rp 2,5 miliar.

Diketahui 10 ABK sempat bertahan sekitar 5 jam di atas kapal yang terbalik sebelum dievakuasi. “Setelah berkordinasi dengan Polairud dan Basarnas kita tetap mengirim relawan nelayan PPC untuk mengevakuasi 10 ABK. Sekitar pukul 23.30 seluruh ABK berhasil dievakuasi,” lanjut Sarjono. 

Dari 2 kapal yang mengalami kecelakaan laut tersebut, salah satu kapal berhasil kembali ke Dermaga Batre. Namun karena gelombang masih tinggi, satu kapal lainnya masih di lokasi kejadian. “Kita akan upayakan evakuasi tapi gelombang masih tinggi,” tambah Sarjono.

 “Saat ini sedang angin timur gelombang sedang tinggi. Jika terpaksa harus melaut, usahakan jam 4 maksimal jam 5 sudah merapat di dermaga,” pesannya. (jul)

 

Sumber: https://radarbanyumas.co.id/kapal-nelayan-terbalik-dihantam-ombak-10-abk-bertaruh-nyawa-menanti-evakuasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbanyumas.co.id